Sukses

5 Tanaman Hias untuk Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Jakarta - Bagi beberapa kalangan, menanam tanaman hias bisa jadi merupakan hobi. Sesuai namanya, tanaman hias adalah tumbuhan yang berfungsi memperindah dan mempercantik.

Dengan banyaknya jenis tanaman hias, memungkinkan Anda memeliharanya baik di dalam maupun luar ruangan. Tinggal pilih saja. 

Namun, tak sekadar menjadi pemanis sesuai fungsinya sebagai "penghias", beberapa jenis tanaman memiliki beragam manfaat lain, seperti bagi kesehatan.

Beberapa jenis tanaman memiliki manfaat spesifik untuk menjaga kesehatan tubuh, semisal menjadikan udara yang ada di dalam ruangan menjadi lebih bersih, membunuh bakteri, mengurangi debu, hingga mencegah kantuk.

 Manfaat lain dari menanam tanaman hias, yakni berkaitan dengan kejiwaan, semisal mengurangi stres, menyehatkan dan menyegarkan mata, serta sebagai terapi saraf.

Dengan mengetahui kegunaan tanaman hias bagi kesehatan tubuh, mulai saat ini mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk ikut menanam tanaman hias. Apalagi saat ini banyak yang sedang menjalani karantina mandiri di tengah pandemi COVID-19.

Beberapa jenis tanaman hias secara tidak langsung bisa menjaga imunitas kita sehingga risiko terpapar virus Corona SARS-VoX-2 menjadi berkurang.

Berikut lima jenis tanaman hias yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, seperti dirangkum dari Lifehack, Rabu (25/3/2020).

2 dari 6 halaman

1. Lili Paris

Tanaman yang satu ini sangat ampuh untuk menghilangkan senyawa berbahaya seperti formaldehyde yang terbang bebas di udara. Senyawa ini biasanya menempel pada barang-barang yang dibawa dari luar rumah. Senyawa tersebut dapat menempel pada kertas, jaket kulit, handuk, dan juga barang lainnya.

Tanaman lili paris juga dapat menghilangkan karbon monoksida yang terbang bebas di udara dan senyawa beracun lainya.

Jenis tanaman hias yang satu ini bisa diandalkan untuk membersihkan udara di rumah.

Lili paris dapat sangat mudah dirawat karena dapat hidup pada ruangan yang kurang mendapatkan pencahayaan sinar matahari.

3 dari 6 halaman

2. Lidah Buaya

Jenis tanama hias yang satu ini mungkin cukup dikenal oleh kalangan wanit karena sering dijadikan bahan untuk membuat kosmetik atau obat kecantikan lainnya.

Lidah buaya telah digunakan semenjak ribuan tahun lalu sebagai obat alami untuk mengobati penyakit atau luka pada tubuh seperti luka bakar atau peradangan pada kulit.

Pada permukaan tanaman ini terdapat semacam gel yang dapat dioleskan pada kulit untuk mengatasi iritasi dan alergi.

Memelihara tanaman ini juga bisa dikatakan cukup mudah, hanya perlu melakukan penyiraman secara rutin dan menempatkannya di tempat yang sejuk. 

Jika tanaman ini mendapat terlalu banyak sinar matahari, daunnya akan berubah menjadi coklat dan mati.

4 dari 6 halaman

3. Lavender

Lavender merupakan jenis tanaman yang memiliki aroma yang harum dan menenangkan. Bunga lavender sering dijadikan sebagai aroma terapi dan juga parfum ruangan untuk menyejukkan udara.

Tanaman ini sangat terkenal karena manfaat dari aromanya dapat menghilangkan stres.

Banyak produk yang dibuat dari jenis tanaman yang satu ini, seperti sabun, lilin, hingga krim perawatan kulit.

Anda dapat meletakan lavender di mana saja, namun meletakannya di kamar dapat membantu Anda terhindar dari rasah gelisah dan gugup dengan mencium baunya.

5 dari 6 halaman

4. Daun Ivi

Berbagai jamur dapat tumbuh pada barang atau pada sudut-sudut ruangan. Jamur dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan bagi tubuh. Namun, jika kalian ingin terhindar dari jamur-jamur itu, ada baiknya memeliihara daun ivi dalam ruangan.

Selain indah, tanaman ini memiliki beragam fungsi bagi kesehatan, satu di antarany dapat menangkal partikel jamur yang terbang bebas di udara yang dipercaya dapat menimbulkan alergi.

Jika Anda memiliki penyakit asma, tanaman yang satu ini dapat membersihkan udara pada malam hari yang mampu membantu mudah bernapas dan tidur dengan nyenyak.

6 dari 6 halaman

5. Lidah Mertua

Tanaman hias lainnya yang dapat mempercantik ruangan dan memberikan efek pada kesehatan adalah lidah mertua. Tanaman ini dapat membersihkan kotoran di udara, dan saat malam hari akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen.

Untuk memaksimalkan fungsi dari tanaman ini, Anda butuh lebih dari satu pot ukuran sedang untuk diletakkan dalam ruangan.

Lidah mertua dikenal sebagai tanaman yang sangat mudah dirawat. Untuk memaksimalkan fungsinya, cukup taruh tanaman ini pada ruangan yang sejuk dan tidak terkena langsung oleh sinar matahari.

Disadur dari Bola.com (Penulis Reza Aditya Gradianto / Editor Aning Jati, Published 25/3/2020)

Pakai Alat Ini, Lari Bisa 10 Persen Lebih Cepat
Loading
Artikel Selanjutnya
Booming Corona Covid-19, Siapa Bilang 'Stay Safe at Home' Sulit Dilakukan?
Artikel Selanjutnya
Italia Darurat Virus Corona Covid-19, Serie A Tak Bisa Dilanjutkan