Sukses

Atlet Rugbi Italia Jadi Sopir Ambulans pada Perang Melawan Virus Corona Covid-19

Liputan6.com, Roma - Atlet olahraga menunjukkan kontribusi masing-masing dalam memerangi pandemi virus Corona. Ada yang menyumbang hingga berdiam diri di rumah demi membatasi penyebaran Covid-19.

Namun, Maxime Mbanda memilih jalan lain. Melihat dampak virus Corona begitu besar di Italia, dia terjun langsung ke lapangan membantu tim medis.

Atlet rugbi tersebut pertama menjadi sopir ambulans bersama sukarelawan Yellow Cross di Parma, Emilia Romagna. Wilayah tersebut merupakan salah satu yang terdampak Covid-19 paling parah.

Semula dia hanya membantu mendistribusikan alat pelindung diri, obat, dan makanan. Namun Mbanda kini sudah dipercaya memindahkan pasien positif virus Corona.

"Ketika semua kompetisi dihentikan, saya mencari cara supaya bisa membantu meski tidak memiliki keahlian medis," ungkapnya, dilansir Express.

2 dari 3 halaman

Tolak Letih

Mbanda dan rekan-rekannya di timnas rugbi Italia seharusnya menghadapi Inggris dalam turnamen Six Nations dua pekan lalu. Namun, penyebaran Covid-19 yang begitu luas di Eropa membuat kompetisi ditunda.

Dia mulai menjadi sukarelawan kurang lebih sepekan. Mbanda menjalani shift kerja selama 12-13 jam per hari.

"Saya tidak boleh merasa letih. Saya hanya mencoba membantu mereka yang berada di garda terdepan menghadapi pandemi ini. Selama saya kuat, saya bakal tetap bekerja dan tidak ke mana-mana," ujar atlet berposisi flank tersebut.

3 dari 3 halaman

Korban Meninggal Tertinggi

Italia menjadi negara dengan jumlah kematian tertinggi akibat pandemi Covid-19. Hingga Senin (23/3/2020) pukul 16.00 WIB, jumlah korban meninggal mencapai 5.476.

Agnes Keleti, Atlet Peraih Medali Olimpiade Tertua
Loading
Artikel Selanjutnya
Timnas Italia Bakal Tambah Matang Tampil di Piala Eropa Tahun Depan
Artikel Selanjutnya
Corona Covid-19 Bisa Bikin Klub Bangkrut, Presiden Liga Prancis Desak Kompetisi Dilanjutkan