Sukses

5 Bek Tengah Paling Tangguh di Premier League 2019-2020

5 Bek tengah ini menunjukkan performa yang menawan di Premier League 2019-2020. Siapa saja mereka?

Jakarta - "Striker akan memberikan Anda kemenangan, tetapi bek akan memberikan Anda gelar juara." Itulah petuah dari Sir Alex Ferguson, manajer paling sukses di Premier League. 

Meskipun striker mengambil bagian terbesar dari pemberitaan media, sangat jarang bagi tim Inggris untuk mencapai keberhasilan di Premier League tanpa pertahanan yang solid. Ketika bek sayap makin berpikir untuk menyerang, di jantung pertahanan harus ada bek tengah yang menjaganya.

Selain itu, peran bek tengah di sepak bola modern tidak hanya soal bertahan. Keunggulan dalam duel udara sangat berguna saat mendapat tendangan bebas atau sepak pojok.

Bahkan seorang bek tengah mampu menjadi awalan membangun serangan. Mereka juga kerap kali menjadi pemimpin di lapangan untuk menjaga mental pemain lain agar tidak turun.

Berikut lima bek tengah dengan performa menawan di Premier League 2019-2020 seperti dilansir dari Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Virgil van Dijk

Virgil van Dijk membuktikan kualitas yang dimiliki sebanding dengan harga transfernya. Liverpool mendatangkan sang pemain dari Southampton pada bursa transfer Januari 2018 dengan nominal 75 juta pounds.

Ia tangguh dalam duel udara ataupun kala beradu satu lawan satu. Van Dijk juga berkontribusi pada rekor 12 kali clean sheet Liverpool musim ini. Selain itu, pemain asal Belanda ini telah mencetak empat gol.

3 dari 6 halaman

2. John Egan

John Egan tampil bagus bersama Sheffield United musim ini. Klub yang dibela mampu bertengger di posisi kedelapan klasemen Premier League.

Padahal Sheffield United berstatus tim promosi. Ia mampu membuat lini belakang Sheffield hanya jebol 25 kali. Itu adalah catatan terendah kedua setelah Liverpool.

4 dari 6 halaman

3. Joe Gomez

Joe Gomez tampil sebagai duet tangguh Virgil van Dijk di jantung pertahanan Liverpool. Ia diberkahi kecepatan dan kekuatan fisik yang luar biasa.

Jika performa Joe Gomez tidak menurun hingga akhir musim, ia bisa menjadi duet Harry Maguire di Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2020.

5 dari 6 halaman

4. Conor Coady

Conor Coady memamerkan kualitas terbaik sebagai bek tengah di Wolverhampton Wanderers. Ia mampu memberikan kenyamanan di lini belakang tim Serigala.

Selain itu, Wolverhampton juga mampu menembus papan atas Premier League. Mereka menempati urutan keenam dengan poin 42.

6 dari 6 halaman

5. Jonny Evans

Jonny Evans mampu menggantikan peran Harry Maguire di Leicester City. Berduet dengan Caglar Soyuncu, lini belakang The Foxes hanya bobol sebanyak 28 kali.

Performa Leicester City musim ini juga terbilang mengesankan. Mereka mampu duduk di posisi tiga besar Premier League dengan raihan 50 poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.