Sukses

Liverpool Berharap Tiru Hegemoni Barcelona Era Pep Guardiola

Jakarta - Bek Liverpool Dejan Lovren berharap The Reds dapat mengulang kesuksesan Barcelona ketika mendominasi pentas domestik dan internasional bersama Pep Guardiola.

Sejak Jurgen Klopp duduk di kursi manajer pada Oktober 2015, Liverpool perlahan mulai menorehkan prestasi. Tahun lalu, skuat Si Merah berhasil merengkuh tiga trofi juara, yakni Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa 2019, dan Piala Dunia Antarklub 2019.

Mereka juga nyaris menjuarai Premier League musim lalu. Sayangnya, Liverpool hanya terpaut satu poin dari Manchester City yang keluar sebagai juara liga.

Memasuki musim ini, The Reds terus memperlihatkan tajinya. Sadio Mane dkk. kukuh di puncak klasemen sementara Premier League dengan nilai 73, unggul 22 poin atas Man City di posisi kedua.

Dengan selisih poin tersebut, Liverpool hanya membutuhkan enam kemenangan lagi untuk merengkuh trofi juara Premier League 2019-2020. Andai keluar sebagai juara, The Reds akan menyudahi puasa gelar liga selama hampir 31 tahun.

Bukan hanya itu, Liverpool juga masih memiliki peluang menjuarai Liga Champions dan Piala FA musim ini. Pada 16 besar Liga Champions, mereka akan bersua Atletico Madrid, sedangkan pada babak keempat Piala FA bakal menghadapi Chelsea.

 

2 dari 3 halaman

Ingin Tiru Barcelona

Dengan performa yang terus menanjak, Dejan Lovren berharap Liverpool bisa menorehkan prestasi serupa seperti Barcelona era Pep Guardiola dari 2008 sampai 2012.

Selama empat musim menangani El Barca, Guardiola berhasil mempersembahkan 14 trofi juara. Selain itu, Barcelona racikan Pep Guardiola juga memperlihatkan permainan indah dengan strategi tiki-taka.

"Saya sudah berada di sana sejak awal bersama Jurgen dan butuh beberapa saat, dua atau tiga tahun untuk membangun semuanya. Katakanlah, kami klik tahun ini, bahkan mungkin tahun lalu, tetapi kami kehilangan satu poin," ujar Lovren.

"Kini kami saling memahami, apa yang kami butuhkan, apa yang kami inginkan. Saya terutama ingin agar kami diingat mungkin seperti Barcelona yang menang dalam empat tahun (sekitar) 20 trofi," lanjutnya.

"Mengapa kami tidak melakukan itu? Saya menilai kami bisa melakukannya dan saya ingin Liverpool dikenang sebagai satu di antara klub terbaik yang pernah ada, tidak hanya untuk tahun ini, tetapi bagi banyak orang, selama bertahun-tahun," kata Dejan Lovren.

 

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Rizki Hidayat/Editor: Rizki Hidayat, published 12/2/2020)

3 dari 3 halaman

Video

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Penyerang Terbaik Liverpool Setelah Kepergian Fernando Torres
Artikel Selanjutnya
Legenda MU: Liverpool Batu Loncatan Mohamed Salah ke Barcelona atau Real Madrid