Sukses

Ansu Fati Kembali Bikin Rekor di Barcelona

Barcelona - Wonderkid Barcelona, Ansu Fati, tampil pada penghujung laga, saat timnya bersua Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol 2019-2020. Meski bermain dari bangku cadangan, pemain 31 tahun itu berhasil menorehkan rekor.

Menjalani laga di King Abdullah Sports City, Jeddah, Kamis (9/1/2020) malam waktu setempat, pemain berusia 17 tahun tersebut masuk ke lapangan pada menit ke-88. Dia menggantikan peran Frenkie de Jong.

Sayangnya, kehadiran Ansu Fati gagal membawa dampak positif terhadap permainan Barcelona. Klub asuhan Ernesto Valverde tersebut menelan kekalahan 2-3 dari Atletico Madrid.

Sepasang gol Los Cules disarangkan Lionel Messi pada menit ke-51 dan Antoine Griezmann menit ke-62. Adapun gol Atletico dicetak Koke (46'), Alvaro Morata (81'), dan Angel Correa (86').

Hasil ini membuat Barcelona gagal lolos ke final Piala Super Spanyol tahun ini. Sementara itu, Atletico Madrid akan bersua Real Madrid pada partai final di King Abdullah Sports City, 12 Januari 2020.

2 dari 4 halaman

Ukir Rekor

Kendati gagal membawa El Barca merengkuh kemenangan, Ansu Fati berhasil mencatatkan rekor. Winger berpaspor Spanyol itu menjadi pesepak bola termuda sepanjang sejarah yang tampil di Piala Super Spanyol.

Seperti dilansir MisterChip, Fati menjalani pertandingan dalam usia 17 tahun dan 70 hari. Dia melampaui torehan Fernando Macedo da Silva Rodilla alias Nano, di Piala Super Spanyol 1999.

Ketika itu, Nano dipercaya pelatih Barcelona, Louis van Gaal, untuk menghuni skuat inti dalam laga leg kedua kontra Valencia. Pada pertandingan yang berlangsung di Camp Nou, 15 Agustus 1999 tersebut, Nano tampil dalam usia 17 tahun dan 117 hari.

Sayangnya, dalam pertandingan tersebut Barcelona harus puas bermain imbang 3-3 kontra Valencia. Blaugrana pun gagal menjuarai Piala Super Spanyol 1999, karena kalah agregat 3-4 dari Los Che.

3 dari 4 halaman

Bukan Torehan Pertama

Bagi Ansu Fati, ini bukan lah rekornya yang perdana bersama Barcelona. Sebelumnya, dia menjadi pemain Barca termuda yang mencetak gol di La Liga dengan usia 16 tahun 304 hari. Saat itu, dia membobol gawang Osasuna pada 31 Agustus 2019.

Fati juga menjadi pemain termuda yang mencetak gol dan assist dalam satu pertandingan di La Liga, pencetak gol termuda di Camp Nou, dan pemain termuda dalam abad ini yang tampil pada laga El Clasico.

Sumber: SPORT

4 dari 4 halaman

Video:

Loading
Artikel Selanjutnya
Todibo Gagal Gabung AC Milan Gara-Gara Pengaruh Pemain Barcelona Ini
Artikel Selanjutnya
Striker Harapan Timnas Inggris Resmi Gabung Aston Villa, Gagal Total di Barcelona