Sukses

5 Pembelian Terburuk MU di Masa Sir Alex Ferguson

Manchester - Sir Alex Ferguson bisa dibilang manajer tersukses Manchester United (MU). Selama menangani Setan Merah, Ferguson mempersembahkan banyak trofi bergengsi, seperti Premier League, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Pria asal Skotlandia itu menangani MU selama 27 tahun atau sekitar dua dekade lebih. Kemudian pada 2013, Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun.

Selama kiprahnya di Old Trafford, Sir Alex Ferguson sukses mendatangkan pemain-pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo, Ruud van Nistelrooy hingga David Beckham. Saat ini, pemain Setan Merah yang masih bertahan sejak era Ferguson anatara lain David de Gea, Phill Jones, dan Ashley Young.

Namun, tak semua pemain yang didatang Sir Alex Ferguson berhasil. Ada beberapa pemain yang justru gagal bersinar saat bergabung dengan Manchester United di era Ferguson.

Untuk mengetahui siapa saja pemain yang gagal untuk bersinar, Berikut rangkumannya dari Ronaldo.com, 5 pembelian terburuk Sir Alex Ferguson di MU.

2 dari 7 halaman

1. Dimitar Berbatov

Dimitar Berbatov didatangkan Manchester United pada 2008. Selama empat musim berkostum Setan Merah, Berbatov mencatatkan 56 gol dan 27 assist dari 149 pertandingan.

Selain itu, Berbatov pernah mempersembahkan gelar Premier League dan Piala Dunia Antarklub. Namun, selama Berbatov di Manchester United, Sir Alex Ferguson kesulitan mengeluarkan potensi terbaiknya.

Berbatov justru tampil gemilang saat memperkuat Tottenham Hotspur. Kendati demikian, Berbatov pernah tampil mengesankan saat mencetak hattrick ke gawang Liverpool pada September 2010.

3 dari 7 halaman

2. Juan Sebastian Veron

Pada 2001, Manchester United mendatangkan Juan Sebastian Veron dengan status gelandang termahal di Premier League. Setan Merah memboyong Veron dari Lazio dengan banderol 28 juta pounds.

Saat masih berkostum Lazio, Veron tampil apik dalam dua musim terakhirnya. Pemain asal Argentina itu mencetak 14 gol dari 79 pertandingan di semua kompetisi.

Namun, ia justru meredup setelah bergabung dengan Manchester United. Karier Veron di Old Trafford hanya satu setengah musim.

Setelah itu, Veron bergabung dengan klub Inggris lainnya, Chelsea. Enam bulan kemudian Veron kembali ke Italia dengan bergabung ke Inter Milan.

4 dari 7 halaman

3. Bebe

Tiago Manuel Dias Correia atau yang akrab disapa Bebe, menjadi satu di antara rekrutan terburuk Manchester United pada era Sir Alex Ferguson. Setan Merah menebus sang pemain dengan mahar 7 juta pounds.

Bersama Manchester United, Bebe hanya bertahan satu musim karena tidak masuk dalam skema Ferguson. Bebe hanya diberi kesempatan tampil sebanyak tujuh pertandingan dan bisa mencetak dua gol.

Setelah itu, Bebe dipinjamkan ke beberapa klub selama empat musim sebelum dijual ke Benfica. Saat ini, Bebe membela klub divisi dua Spanyol, Rayo Vallecano.

5 dari 7 halaman

4. Eric Djemba-Djemba

Eric Djemba-Djemba bergabung dengan Manchester United pada 2003. Namun, ia kalah bersaing dengan pemain seperti Roy Keane dan Darren Fletcher.

Selama dua musim berkostum Setan Merah, Eric Djemba-Djemba hanya mencetak dua gol dalam 35 penampilan.

Seletah itu, ia bergabung dengan beberapa klub. Satu di antarana klub asal Indonesia, Persebaya Suarabaya.

6 dari 7 halaman

5. Kleberson

Kleberson bergabung dengan Manchester United bersama pemain lain seperti Cristiano Ronaldo. Kala itu, Setan Merah mendatangkan Kleberson dari klub asal Brasil, Athletico Paranaense pada 2003.

Selama berkostum Manchester United, Kleberson bermain sebanyak 30 penampilan dan menyumbang dua gol dan enam assist. Setelah itu, Kleberson dilepas ke klub asal Turki Besiktas dengan harga 2,60 juta euro.

Padahal, Manchester United menebus sang pemain dari Athtletico Paranaense dengan harga 8,60 juta euro. Itu artinya, harga Kleberson turun 6 juta euro selama berkostum Setan Merah.

Disadur dari Bola.com (Penulis Faozan Tri Nugroho / Editor Yus Mei Sawitri, Published 07/01/2020)

 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kobe Bryant di Mata Pelatih NBA
Artikel Selanjutnya
MU Menang Besar, Solskjaer Ogah Bersantai