Sukses

8 Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Manfaat tidur cukup bagi kesehatan memang tidak boleh disepelekan. Tidur yang cukup memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kamu. Walaupun kamu telah menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur, jika tidak diikuti dengan tidur yang cukup, maka semua itu akan sia-sia.

Bahkan kurang tidur dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, sleep apnea, hingga kematian dini. Oleh karena itu, tidur yang cukup selama 7 hingga 8 jam setiap harinya wajib dipenuhi oleh orang dewasa dan lansia.

Manfaat tidur cukup bagi kesehatan memang harus dibiasakan. Perbedaan usia juga menentukan perbedaan waktu tidur yang cukup bagi setiap orang. Saat orang dewasa dan lansia dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam, remaja dan anak SD dianjurkan tidur selama 9-10 jam.

Anak SD lebih dianjurkan untuk tidur selama 10 jam tiap harinya. Selain itu, anak prasekolah dianjurkan tidur selama 11-12 jam setiap harinya, lalu bayi dan balita dianjurkan untuk tidur selama 16-18 jam sehari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/12/2019) tentang manfaat tidur cukup bagi kesehatan.

 

 

2 dari 5 halaman

Mengendalikan Nafsu Makan dan Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Mengendalikan Nafsu Makan

Manfaat tidur cukup bagi kesehatan yang pertama adalah dapat mengendalikan nafsu makan.

Tidur memengaruhi tubuh dalam memroses dan menyimpan karbohidrat. Caranya dengan menjaga hormon yang membuat kita merasa lapar (ghrelin) atau kenyang (leptin) tetap seimbang.

Saat tidur di malam hari, kebutuhan kalori akan berkurang karena minimnya pergerakan. Hal inilah yang membuat kebutuhan energi menjadi menurun. Jika kamu tidak cukup tidur, hormon ghrelin akan naik sedangkan hormon leptin akan turun. Akibatnya, kamu akan merasa kelaparan.

Tidak hanya untuk orang dewasa, kurang tidur juga bisa memengaruhi kesehatan anak-anak. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa anak-anak yang kurang tidur mengalami risiko obesitas dan peningkatan indeks massa tubuh (IMT).

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Saat tidur, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut sitokin. Senyawa ini memiliki efek perlindungan pada sistem kekebalan tubuh dengan membantu melawan peradangan dan infeksi.

Tanpa tidur cukup, kamu tidak memiliki cukup sitokin untuk menghalangi tubuh dari sakit. Menurut penelitian terhadap 150 orang, tidur tujuh jam atau kurang dari tujuh jam dalam sehari diduga membuat tubuh lebih rentan terserang sakit.

3 dari 5 halaman

Mempertajam Ingatan dan Membantu Pertumbuhan Badan

Mempertajam Ingatan

Manfaat tidur cukup bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat smempertajam ingatan. Kurang istirahat dan tidur diduga bisa membuat cepat pikun. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak memroses, memperkuat, dan menggabungkan ingatan dari sepanjang hari. Jika kurang tidur, ingatan-ingatan tersebut tidak bisa disimpan dengan benar dalam otak dan bisa hilang.

Tidur selama tujuh sampai delapan jam dapat membuat kamu mengalami semua tahap tidur. Dua fase tidur, yaitu fase REM dan slow wave sleep dapat melancarkan proses mengingat dan berpikir kreatif.

Membantu Pertumbuhan Badan

Manfaat tidur cukup bagi kesehatan berikutnya adalah membantu pertumbuhan badan. Istirahat dan tidur juga membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Tidur yang nyenyak memicu tubuh melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal pada anak-anak dan remaja.

Hormon tersebut juga membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan, serta meningkatkan massa otot pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Selain itu, istirahat dan tidur juga memegang peranan dalam pubertas dan kesuburan.

4 dari 5 halaman

Tetap Aktif di Siang Hari dan Terhindari dari Berbagai Penyakit

Tetap Aktif di Siang Hari

Manfaat tidur cukup bagi kesehatan juga dapat membuat kamu tetap aktif sepanjang hari. Kurang tidur hanya satu atau dua jam per malam saja sudah membuat tubuh seolah-olah tidak tidur sama sekali selama satu atau dua hari.

Orang yang kekurangan tidur cenderung menjadi kurang produktif di sekolah atau tempat kerja. Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas, bereaksi lebih lambat alias ‘lemot’, dan membuat lebih banyak kesalahan.

Terhindari dari Berbagai Penyakit

Manfaat tidur cukup bagi kesehatan juga bisa membuat kamu terhindari dari berbagai penyakit. Jam tidur yang kurang diduga meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan diabetes.

Tidur yang cukup bisa memengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol tingkat glukosa atau gula darah. Sedangkan, kurang tidur membuat kadar gula darah lebih tinggi dari batas normal. Akibatnya, kamu pun lebih rentan terserang diabetes.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Suasana Hati dan Panjang Umur

Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat tidur cukup bagi kesehatan berikutnya adalah dapat meningkatkan suasana hati. Kurang istirahat dan tidur dapat membuat kamu menjadi cepat marah, tidak sabar, sulit berkonsentrasi, murung, stres, dan depresi. Terlalu sedikit tidur juga dapat membuat kamu terlalu lelah melakukan hal-hal yang diinginkan.

Membuat Panjang Umur

Lama dan kualitas tidur cukup berperan dalam memperpanjang umur. Terlalu banyak atau kurang tidur ternyata dapat dikaitkan dengan harapan hidup seseorang, meskipun hal ini juga bisa dipengaruhi oleh berbagai hal seperti penyakit.

Fakta mengejutkan dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam setiap malam cenderung berisiko mengalami kematian dini sebesar 12 persen.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa orang yang mengurangi waktu tidur dari tujuh jam menjadi lima jam atau kurang memiliki 1,7 kali risiko kematian lebih cepat. Maka secara tidak langsung, hal ini menunjukkan bahwa salah satu manfaat tidur cukup bagi kesehatan adalah memanjangkan harapan hidup. (Husnul Abdi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Piza hingga Cokelat, Ini Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur
Artikel Selanjutnya
Inilah Suhu yang Ideal Agar Anda Bisa Tidur Nyenyak dan Berkualitas