Sukses

Liga Champions: 4 Klub Elite Eropa yang Terancam Gagal Lolos ke 16 Besar

Jakarta - Liga Champions 2019-20 sudah mencapai laga kelima. Sejumlah klub papan atas Eropa telah memastikan tiket ke babak 16 besar.

Mereka adalah Paris Saint-Germain, Bayern Munchen, Manchester City, Juventus, Real Madrid, Tottenham Hotspur, Barcelona, dan RB Leipzig.

Namun ada yang menarik dari daftar klub yang lolos ke 16 besar Liga Champions tersebut. Tak ada nama Inter Milan atau bahkan pemegang puncak klasemen Premier League alias Liverpool, di sana.

Padahal penampilan dua klub tersebut cukup meyakinkan di Liga Champions musim ini. Saat ini, Liverpool bercokol di puncak klasemen grup E.

Skuat racikan Jurgen Klopp itu telah megoleksi 10 poin dari tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan. Sementara Inter Milan berada di posisi dua klasemen Grup F dengan raihan tujuh poin.

Torehan tersebut membuat dua klub rakasasa Eropa itu masih berkemungkinan gagal lolos ke 16 besar Liga Champions. Bukan hanya Inter Milan dan Liverpool, sejumlah klub Eropa berikut ini juga terancam gagal lolos ke babak selanjutnya jika tak berhasil mencatatkan hasil baik di laga terakhir fase grup.

Klub mana saja yang terancam gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2019? Berikut Bola.com telah merangkumnya untuk Anda.

2 dari 5 halaman

1. Chelsea

Chelsea tergabung dalam Grup H bersama Ajax Amsterdam, Valencia, dan Lille. Sampai saat ini, Grup H menjadi satu-satunya grup yang belum memastikan satu pun wakilnya lolos ke babak 16 besar.

Chelsea bercokol di posisi dua klasemen sementar Grup H dengan koleksi 8 poin. Pasukan Frank Lampard itu kalah dua poin dari Ajax Amsterdam yang berada di puncak klasemen.

Pada matchday kelima, Chelsea hanya bermain imbang dengan Valencia. Torehan itu membuat kesempatan Chelsea masuk ke 16 besar Liga Champions mengkhawatirkan.

Nasib mereka ditentukan dalam laga terakhir kala melawan Lille. Jika Chelsea gagal, maka langkahnya akan terhenti babak fase grup.

3 dari 5 halaman

2. Liverpool

Kesempatan Liverpool untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2019/20 juga mengkhawatirkan. Tiga tim masih berpeluang untuk mengamankan tiket tersebut.

Namun Liverpool bisa mencuri satu tempat lagi untuk mempertahankan gelar juara Liga Championsnya musim ini. Syaratnya, Liverpool harus bermain baik kala bersua Salzburg.

Skuat racikan Jurgen Klopp itu harus mencuri setidaknya satu poin alias harus bermain imbang agar bisa lolos ke 16 besar. Namun, jika Salzburg berhasil mencundangi Mo Salah dan kawan-kawan, maka langkah Liverpool juga akan terhenti.

4 dari 5 halaman

3. Inter Milan

Inter Milan merengkuh hasil baik kala bersua Slavia Praha pada matchday kelima Liga Champions, Kamis (28/11/2019). Romelu Lukaku dan kawan-kawan berhasil mencundangi Slavia Praha dengan skor 3-1.

Torehan itu juga membuat peluang Inter Milan untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions terbuka lebar. Pasalnya, disaat yang sama Borussia Dortmund kalah dengan skor 3-1 dari Barcelona.

Namun konsistensi skuat racikan Antonio Conte itu akan kembali diuji. Nerazurri bakal menjamu Barcelona pada laga terakhir mereka.

Tantangan semakin berat karena Inter Milan harus menang untuk berhasil lolos ke 16 besar Liga Champions dan menyingkirkan Borussia Dortmund. Jika yang tejadi sebaliknya, maka langkah Inter Milan harus terhenti di fase grup Liga Champions 2019/20 dan gagal menjadi rival berat bagi Juventus.

5 dari 5 halaman

4. Atletico Madrid

Klub besar Eropa yang juga belum mengamankan tiket 16 besat Liga Champions lainnya adalah Atletico Madrid. Pada matchday kelima Liga Champions Rabu (27/11/2019), Atletico harus menelan kekalahan 0-1 dari Juventus.

Hasil tersebut membuat kesempatan skuat asuhan Diego Simeone itu ditentukan di laga terakhir. Atletico kini berada di posisi kedua klasemen Grup D dengan raihan tujuh poin alias beda satu poin saja dari Bayer Leverkusen.

Itu sebabnya, Atletico Madrid harus meraih kemenangan pada laga terakhir fase grup Liga Champions kontra Lokomotiv Moskow.

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestari/ Editor Aditya Wicaksono, Published 01/12/2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
Liga Inggris: Leicester Senang Dianggap Tak Layak Juara
Artikel Selanjutnya
3 Alasan Liverpool bakal Juara Liga Inggris di Musim Ini