Sukses

Gelandang MU: Dalam Sepak Bola Modern, Peran Playmaker Sudah Tak Berguna

Pemain MU, Juan Mata bicara soal posisinya, playmaker, yang semakin tergerus di sepak bola modern.

Liputan6.com, Manchester - Gelandang Manchester United (MU), Juan Mata, bicara soal posisinya, playmaker, yang semakin tergerus di sepak bola modern. Playmaker seperti sudah tidak dibutuhkan lagi dalam sepak bola modern.

Playmaker atau pengatur serangan adalah sosok kunci dalam sebuah tim dalam sepak bola. Gelandang MU yang sudah menjadi playmaker sejak bermain bersama Chelsea itu mempunyai bertugas mengawali sebuah serangan, mengatur tempo permainan, mencari atau membuat celah bagi penyerang atau target man untuk mencetak gol atau setidaknya menciptakan peluang.

Kehadiran playmaker semakin tergerus. Pasalnya, bek sayap seperti Andy Robertson, Jordi Alba, Marcelo, hingga Tren Alexander-Arnold bisa menciptakan peluang untuk pemain lain hingga mencetak gol.

"Tipe pemain nomor 10 seperti saya ini sebenarnya tidak punah, tapi seperti tidak berguna lagi. Di masa lalu, ada pemain nomor 10 murni yang bermain di belakang satu sampai dua striker. Dengan sistem yang berbeda sekarang, posisi itu telah berkembang menjadi yang berbeda," kata Mata dalam blog pribadinya.

"Namun, posisi playmaker adalah permainan yang saya sukai, di mana bakat alami membawa Anda menjadi yang terbaik dari mereka dan mereka kemudian mengubah gaya main tersebut dengan sesuatu yang tidak dilihat orang lain," ujar pemain MU berusia 31 tahun tersebut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Faktor Kepunahan

Posisi playmaker semakin punah karena sebuah faktor, yakni fisik. Seorang playmaker harus punya fisik yang bagus untuk menghadapi terjangan lawan selama pertandingan.

"Mungkin karena permainan juga menuntut lebih banyak di sisi fisik. Permainan ini sekarang menjadi lebih cepat dan Anda harus siap secara fisik itu."

"Jika Anda berbicara dengan pemain yang bermain di tahun-tahun lampau, maka mereka akan memberi tahu hal yang sama kalau sekarang permainan menjadi lebih cepat. Anda harus siap dalam hal itu," ucap Mata.

 

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

Lihat klasemen Liga Inggris melalui link berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Juan Mata adalah pemain sepak bola Profesional asal Spanyol yang sekarang membela Manchester United
    Juan Mata adalah pemain sepak bola Profesional asal Spanyol yang sekarang membela Manchester United

    Juan Mata

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris