Sukses

Kisah Cristiano Ronaldo Curi Ilmu dari Para Legenda MU

Cristiano Ronaldo pernah selama enam musim membela Manchester United (MU) dan dia mengambil pelajaran dari para legenda di sana.

Liputan6.com, Turin - Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, mengakui dia bisa dengan mudah belajar dari para pemain Manchester United (MU) di masa lalu. Pemain asal Portugal ini merasa banyak mendapat ilmu.

Cristiano Ronaldo pernah selama enam musim membela MU yakni periode 2003-2009. Dia berjuang bersama-sama legenda Setan Merah seperti Ryan Giggs, Paul Scholes, Ruud van Nistelrooy, Rio Ferdinand, hingga Nemanja Vidic.

Sekarang, Cristiano Ronaldo masih bersinar kendati usianya telah menginjak 34 tahun. Ronaldo bahkan masih memecahkan beberapa rekor, baik di level klub maupun bersama Timnas Portugal.

"Dengan menggunakan otak saya. Jika Anda memiliki sedikit kecerdasan, Anda melihat dan mengambil contoh dari mereka yang melakukan hal-hal yang lebih baik dari Anda," kata Cristiano Ronaldo kepada France Football.

"Itulah yang saya lakukan ketika saya berada di Manchester bersama Ryan Giggs, Paul Scholes, Ruud van Nistelrooy, Rio Ferdinand - jika Anda tidak belajar dari orang-orang seperti itu, Anda adalah orang dungu," ucapnya.

Mantan pemain Real Madrid ini menyebut apa yang dilakukannya bukan meniru, melainkan mengambil aspek yang terbaik dari para seniornya di MU tersebut, untuk kemudian disesuaikan dengan kepribadiannya sendiri.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain yang Lengkap

"Itu yang saya lakukan. Saya mengikuti beberapa bakat pemain dan saya memperhatikan mereka," ungkap Cristiano Ronaldo.

"Sir Alex Ferguson juga banyak mengajari saya, dan saya menyadari saya memiliki potensi untuk mencetak gol, tidak hanya menggiring bola dan mengumpan.

Setelah itu, Cristiano Ronaldo mulai berpikir untuk menjadi pemain yang lengkap tanpa kelemahan. Dia mengaku bisa mencetak gol dengan kaki kanan, kaki kiri, dan kepala.

3 dari 3 halaman

Gaya Hidup

"Saya kuat dan saya cepat. Jika Anda memiliki ini dan etika yang nyata dan gaya hidup yang baik, Anda masih bisa melakukannya di usia 34 setengah tahun," tutur Ronaldo.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Ronaldo