Sukses

9 Manfaat Buah Bit, Turunkan Kolesterol hingga Mencegah Kanker

Jakarta - Anda pernah makan buah bit? Nama buah ini memang tidak terlalu familiar. Padahal, buah bit memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk mencegah kanker.

Namun seiring berjalannya waktu, buah bit mulai populer karena segudang manfaatnya. Mulai dari akar, daun dan dagingnya dipercaya memiliki khasiat tersendiri. 

Buah bit merupakan salah satu tumbuhan yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah tersebut masih satu keluarga dengan sayur lobak dan sayuran berakar lainnya. Buah ini punya kandungan betalains yang bermanfaat guna meningkatkan produksi enzim tubuh untuk menghentikan pembentukan sel kanker dalam tubuh.

Awalnya buah bit hanya dikonsumsi akarnya yang rasanya manis dan baik untuk obat kesehatan. Namun lama kelamaan, daging buah serta daunnya kini banyak dikonsumsi.

Buah bit pertama kali dikonsumsi masyarakat di Afrika. Berkat manfaat dari akar dan buahnya yang begitu populer, buah bit kemudian menyebar ke wilayah Eropa dan Asia, termasuk Indonesia.

Pakar kesehatan, Maryann Tomovich, menyatakan bit layak masuk kategori buah karena kaya manfaat.

Berikut 9 manfaat buah bit, yang bisa menurunkan kolesterol hingga mencegah kanker.

2 dari 10 halaman

1. Manfaat Buah Bit: Menurunkan Kolestrol

Buah bit mampu menurunkan kolestrol lantaran memiliki kandungan antioksidan cukup kuat. Buah bit mengandung serat larut, flavonoid serta betacyanin pada buah bit. Di sisi lain kandungan itulah yang membuat warna dari buah bit ini merah keunguan.

Pada dasarnya, setiap buah yang memiliki kandungan anti oksidan tinggi, dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Apabila kolesterol pada tubuh menurun, kesehatan tubuh juga bisa membaik. 

Apabila kolestrol terkontrol, ini artinya buah bit juga bermanfaat mencegah penyakit jantung dan juga stroke.

3 dari 10 halaman

2. Manfaat Buah Bit: Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang tengah menjalani program diet atau setidaknya mengatur pola makan sehat, buah bit adalah solusinya. Buah bit memilki manfaat melancarkan detoksifikasi racun hingga lemak dalam tubuh. 

Kandungan magnesium pada buah bit juga dapat membantu saraf dan otot bekerja lebih maksimal. Oleh karena itu, jika mengonsumsi buah bit, maka berat badan Anda bisa turun dan tetap sehat bugar.

4 dari 10 halaman

3. Manfaat Buah Bit: Mengatasi Masalah Pencernaan

Buah bit akan lebih baik jika diolah menjadi jus. Satu cangkirnya jus buah bit mengandung sekitar 3,4 gram serat yang sangat baik bagi kesehatan. Jadi buah ini sangat cocok bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan, khususnya kesulitan buang air besar (BAB).

Buah bit juga ampuh mengurangi rasa mual ataupun nyeri pada organ pencernaan. Anda bisa mencampurkan jus buah bit dengan perasan lemon supaya menghilangkan rasa mual. Anda bisa meminumnya secara rutin setiap pagi.

5 dari 10 halaman

4. Manfaat Buah Bit: Mencegah Kanker

Buah bit memiliki kandungan fitinutriean yang mampu menghambat karsinogen pada tubuh. Karena itulah buah yang satu ini dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. 

Kandungan betalains pun akan bermanfaat guna meningkatkan produksi enzim tubuh untuk menghentikan pembentukan sel kanker dalam tubuh. Sehingga buah bit dapat mencegah segala jenis kanker.

6 dari 10 halaman

5. Manfaat Buah Bit: Meningkatkan Stamina dan Terhindar dari Panas Dalam

Buah bit memiliki kandungan karbohidrat tinggi, dan mengandung kalori yang cukup rendah. Karena itulah buah bit bisa membantu seseorang untuk meningkatkan energi dan menjaga stamina pada tubuh.

Tak hanya itu, buah bit memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh. Jika mengonsumsi buah bit secara rutin, Anda juga dapat mencegah terjadinya panas dalam.

7 dari 10 halaman

6. Manfaat Buah Bit: Mencegah Hipertensi

Berdasarkan hasil penelitian Barts and London School of Medicine dan Peninsula Medical School, buah bit merupakan cara mudah untuk menurunkan hipertensi. Mengonsumsi buah bit dapat memelihara kesehatan jantung karena buah bit memiliki kandungan nitrat yang cukup tinggi. 

Kandungan nitrat pada buah ataupun daun bit juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. 

8 dari 10 halaman

7. Manfaat Buah Bit: Mengatasi Ketombe

Apakah Anda memiliki masalah ketombe? Buah bit adalah sulusinya. Anda bisa merebus buah bit pada malam hari sebelum tidur, lalu dioleskan ke kulit kepala.

Setelah itu, Anda perlu memijatnya dengan lembut selama 10 menit. Biarkan semalaman, tentunya dibungkus dengan handuk atau penutup kepala. Kemudian bilas dengan air bersih dibarengi dengan keramas pada keesokan harinya.

9 dari 10 halaman

8. Manfaat Buah Bit: Pewarna Alami

Kandungan bertanin pada buah bit membuatnya berwarna merah keunguan yang bisa dipakai sebagai pewarna alami makanan. Biasanya buah bit diolah menjadi es krim, kue basah, kue kering, serta jelly.

Buah bit juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna rambut alami. Anda bisa mencampurkan jus buah bit dengan bubuk henna berwana hitam, kemudian akan menghasilkan gradasi warna hitam dan keunguan. Tentunya ini menjadi cara yang lebih sehat dan tetap cantik alami.

10 dari 10 halaman

9. Manfaat Buah Bit: Meningkatkan Performa Para Atlet

Sebuah studi dari Universitas Exter di Inggris menyatakan jus buah bit dapat membantu seseorang berstamina saat berolahraga, khususnya para atlet. Kandungan nitrat pada buah bit dipercaya mampu mengurangi pembakaran oksigen ketika melakukan olah fisik. Itulah sebabnya mereka tidak mudah capek.

Buah bit telah terbukti memiliki segudang manfaat untuk meningkatkan perfoma para atlet. Kandungan nitratnya akan membuat sel-sel lebih baik guna menghasilkan energi lebih dalam tubuh.

Disadur dari Bola.com (Novie Rachmawatie/Yus Mei Sawitri, Published 14-10-2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
Rapor Bomber Manchester United saat Masih Berusia 11 Tahun Terungkap
Artikel Selanjutnya
Valentino Rossi Paparkan Alasan Tidak Menghadiri Jumpa Pers Pengumuman Lorenzo Pensiun