Sukses

Berapa Jumlah Gol Cristiano Ronaldo, 699 atau 700?

Cristiano Ronaldo mencetak satu dari tiga gol kemenangan Timnas Portugal atas Luksemburg.

Lisbon- Cristiano Ronaldo terus mengukir prestasi. Yang terbaru, Ronaldo ikut membantu Timnas Portugal memenangi pertandingan kontra Luksemburg di penyisihan Grup B kualifikasi Piala Eropa 2020, Sabtu dini hari WIB (12/10/2019).

Pada laga yang dimainkan di Lisbon itu, Portugal menang 3-0 dan Cristiano Ronaldo mencetak gol kedua Portugal, menit ke-65, lewat tendangan chip indah.

Hal menarik terjadi setelah gol ke gawang Luksemburg itu.

Media massa terpecah, berdasarkan data yang jadi acuan masing-masing, ada yang menulis Ronaldo sudah membukukan 700 gol sepanjang karier profesionalnya, yang merupakan rekor anyar, ada juga yang menulis Ronaldo saat ini masih mengoleksi 699 atau butuh satu gol lagi untuk mencapai 700 biji.

BBC menulis, andai berhasil mencetak gol pada pertandingan Timnas Portugal selanjutnya di Grup B kualifikasi Piala Eropa 2020, yakni melawan Ukraina pada awal pekan depan, Ronaldo akan masuk jajaran elite, satu di antara tujuh orang saja yang mampu mengoleksi gol hingga 700 biji.

Namun, media ternama Spanyol, Marca, menulis Ronaldo sudah resmi mengoleksi 700 gol setelah sumbangannya ke gawang Luksemburg.

Bicara torehan gol, Ronaldo juga berpeluang menumbangkan rekor mantan striker Timnas Iran, Ali Daei, yang mengoleksi 109 gol untuk timnas.

Satu gol yang dilesakkan saat melawan Luksemburg menambah koleksi gol pemain berusia34 tahun itu selama berseragam Timnas Portugal menjadi 94 dari 161 penampilan.

Sejauh ini jumlah itu jadi yang terbanyak di Eropa, melebihi jumlah gol yang dibukukan striker legendaris Hungaria yang telah tutup usia, Ferenc Puskas, dengan 84 gol dalam 89 penampilan.

Dengan begitu, Cristiano Ronaldo tinggal membutuhkan 15 gol lagi untuk menyamai rekor internasional Ali Daei.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Negara Favorit Gol

Pemilik rekor saat ini, Ali Daei, angkat bicara menyusul ancaman terhadap rekor yang diukirnya tersebut.

"Saya tak punya keraguan untuk itu, dia akan memecahkan rekor saya," kata Ali Daei, dikutip dari Marca.

Di sisi lain, UEFA mencatat 44 dari 94 gol Cristiano Ronaldo untuk Timnas Portugal dihasilkan mantan pemain Real Madrid itu saat laga kandang, 35 gol dihasilkan di kandang lawan, dan 15 tercipta di tempat netral.

94 gol itu tercipta dari 64 pertandingan bersama Timnas Portugal, dengan 52 laga di antaranya dimenangi juara Piala Eropa 2016 itu, lima partai berujung hasil imbang, dan kalah dalam lima laga.

Negara-negara yang jadi "favorit" Ronaldo untuk panen gol, semisal Andora, Armenia, Latvia, dan Swedia, Estonia, Kepulauan Faroe, Hungaria Lithuania, Luksemburg, hingga Belanda. Namun, ia masih belum bisa menjebol gawang Prancis, Jerman, Italia, atau Inggris.

Disadur dari Bola.com (Penulis Aning Jati/ Editor Wiwig Prayugi, Pubished 12/10/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Tim Nasional Portugal baru unjuk gigi di ajang internasional kala generasi emas seperti Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berada dalam skuat
    Tim Nasional Portugal baru unjuk gigi di ajang internasional kala generasi emas seperti Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berada dalam skuat

    Timnas Portugal

  • Bola.com