Sukses

Ternyata Lionel Messi Terbukti Lebih Baik ketimbang Cristiano Ronaldo, Penelitian Membuktikan

ESPN belum lama ini mengumpulkan data yang menunjukkan bahwa penyerang Barcelona, Lionel Messi memang pantas menyandang predikat pemain terbaik di dunia.

 

Jakarta - ESPN belum lama ini mengumpulkan data yang menunjukkan bahwa penyerang Barcelona, Lionel Messi memang pantas menyandang predikat pemain terbaik di dunia. 

Bahkan, menurut data hasil penelitian ESPN itu, performa Lionel Messi jauh mengungguli rival beratnya, Cristiano Ronaldo.  

Penelitian ESPN menggunakan keterkaitan antara variabel jumlah gol yang diharapkan (xG) dan jumlah usaha yang menemui sasaran (XGOT). 

Dengan menggunakan data TruMedia, khususnya xG dan xGOT dalam lima musim terakhir, ESPN memberikan nilai terbaik kepada Lionel Messi.

"Tim-tim terbaik dan pemain-pemain terbaik bukan yang terbaik karena kemampuan mereka untuk memaksimalkan persentase kesempatan tinggi. Mereka menjadi yang terbaik karena kemampuan meningkatkan volume tinggi dari tembakan-tembakan berkualitas," kata Ryan O'Hanlon dari ESPN, Jumat (11/10/2019). 

"Dengan kata lain, ini tentang siapa yang menciptakan peluang lebih baik kan?" imbuh O'Hanlon. 

Total, Messi mencetak 177 gol untuk klub dan Timnas Argentina sejak 2014. Dia mendapatkan nilai 32,6 gol dari 900 kesempatan. Posisi kedua ditempati kapten Valencia, Dani Parejo, dengan nilai 12,53.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo mencatatkan 1.005 tembakan, lebih banyak daripada siapa pun dalam lima tahun terakhir. Namun upayanya banyak yang tak berhasil, sehingga nilainya hanya 3,07 gol. 

Sebanyak 120 gol Messi berasal dari permainan terbuka, paling banyak dibanding pemain-pemain lain. La Pulga unggul 12 poin lebih bayak daripada rekan setimnya di Barcelona, Luiz Suarez, dengan 19,29 xGOT.

Lionel Messi juga superior dalam tendangan bebas. Ia berhasil mencetak 21 gol dari situasi bola mati sejak 2014. Ia mendapat nilai 21,71 xGOT. Adapun nilainya dalam hal tendangan bebas adalah 10,35.

Lionel Messi juga rajanya dalam urusan mencetak gol dari luar kotak penalti, dengan nilai 6,04. ESPN menyebut berbagai parameter itu membuktikan Messi jauh mengungguli pemain-pemain lain di eranya, termasuk Cristiano Ronaldo. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Lionel Messi Bersama Barcelona Selama Lima Musim Terakhir

Sejak 2014, Lionel Messi berhasil mempersembahkan empat gelar La Liga, empat trofi Copa del Rey, dan dua Piala Super Spanyol.

Sementara untuk prestasi di luar Spanyol, Messi bersama Barcelona berhasil menjuarai satu trofi Liga Champions, satu Piala Super UEFA, dan satu Piala Dunia Antarklub.

Messi juga berhasil mendapat penghargaan secara individu pada musim 2019. Ia berhasil mendapat Pemain Terbaik Pria FIFA 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.