Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Yamaha Endurance Festival 2019, Melawan Sirkuit dan Keausan Ban

Liputan6.com, Bogor- Balap ketahanan bertitel Yamaha Endurance Festival 2019 kembali dihelat di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu(15/9/2019). Ajang lomba ketahanan balap berdurasi dua jam ini digelar PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan sudah masuk tahun kedua dalam penyelenggaraan.

Menariknya, durasi balap Yamaha Endurance Festival 2019 ditingkatkan dari penyelenggaraan padatahun lalu yakni dua jam.Selain durasi balap yang lebih lama, yang berbeda pada kali ini adalah waktu pada saat Pit In hingga Pit Out yang menjadi satu menit, 30 detik berbeda dari tahun sebelumnya.

"Tantangan terbesar pada balap ketahanan ini terletak pada karakter sirkuit dan tingkat keausan ban," ujar M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta. Baik professional rider ataupun community. Karena sejatinya, balap ketahanan itu bukan hanya bicara perfoma motor melainkan juga strategi menjadi faktor utaa yang menjadi penentu keberhasilan.

Adapun kelas yang dilombakan pada Yamaha Endurance Festival 2019 yaitu Profesional dan Community 250 yang menggunakan motor YZF-R25 dan kelas Community 155 yang menggunakan motor YZF-R15.

Komposisi tim sendiri terdiri dari dua pembalap yang akan menggunakan satu motor untuk balapan selama dua jam dengan bantuan dua mekanik.

2 dari 3 halaman

Gaya Start Le Mans

Yamaha Endurance Festival 2019 di sirkuit Sentul mengadopsi sistem start balapan Le Mans. Para rider harus lari terlebih dahulu menuju motor yang terparkir rapi di seberang mereka.

Yang menarik, para pewarta pun bisa ikut menjajal balapan. Ini ditujukkan bagi pewarta atau media yang ingin merasakan sensasi balapan ketahanan di lintasan sentul selama dua jam dengan motor All New YZF-R15.

"Peningkatan durasi balapan Yamaha Endurance Festival sudah melalui pertimbangan matang. Kita sudah melakukan kajian dan memang sesuai dengan aspirasi teman-teman pembalap dan komunitas," kata M Abidin, General Manager After Sales& Motor Sport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

3 dari 3 halaman

Hasil Sementara

Pada kelas sport 155 cc, tim YROI Yamaha lewat Fariz Ibrahim/ Agus Miswanto sukses menjadi yang tercepat. Dalam waktu dua jam, mereka berhasil melahap 53 laps dengan cattan waktu 2 jam 15,472.

Sedangkan posisi dua diraih Yamaha Racing indonesia (Yoshimuri/Minoru) dan posisi ketiga diraih Cornering Indonesia (Sandy Topan/Galih Mulya). Sedangkan posisi empat diraih YROI Batik dan R15 Club Indonesia kelima.

Loading
Artikel Selanjutnya
Regulasi Diperketat, Balap Ketahanan Yamaha Berlangsung Sengit
Artikel Selanjutnya
Yamaha Endurance Festival 2019 Bakal Diramaikan Artis Dangdut