Sukses

Sentuhan Emas Jacksen F Tiago, Persipura Petik Kemenangan Perdana

Liputan6.com, Jayapura - Pelatih Jacksen F Tiago langsung memberi dampak positif bagi Persipura Jayapura. Dia membantu Mutiara Hitam meraih kemenangan pertama pada Shopee Liga 1 2019.

Tidak tanggung-tanggung, Persipura membungkam tim papan atas Madura United 1-0 di Stadion Mandala, Selasa (16/7/2019).

Boaz Solossa ('8) mencetak gol tunggal tuan rumah pada laga yang disiarkan O Channel ini.

Tambahan tiga angka dari laga ini membantu Persipura meninggalkan zona degradasi. Mereka untuk sementara menyalip Persija Jakarta dan Persela Lamongan untuk naik ke posisi 15 dengan raihan tujuh angka dari delapan pertandingan.

Sebaliknya, Madura United menderita kekalahan perdana dari tujuh laga. Bertengger di urutan tiga, pasukan Dejan Antonic masih tertinggal dua angka di belakang Tira Persikabo dan Bali United.

2 dari 3 halaman

Gol Cepat Boaz

Memburu kemenangan, Jacksen langsung menurunkan trio Todd Ferre, Boaz Salossa, Titus Bonai di lini depan. Hasilnya berbuah manis. Persipura sudah unggul di menit ke-8 melalui Boaz Solossa meneruskan umpan Todd Rivaldo Ferre.

Tuan rumah kemudian mendapat banyak peluang untuk menggandakan keunggulan. Tandukan Boaz masih bisa dihalau bek Madura United yang berdiri di garis gawang. Sementara sundulan pemain pengganti Mamadou Samassa masih melebar. Pada akhirnya tidak tercipta gol tambahan pada laga yang diwarnai tujuh kartu kuning tersebut. 

Gol Boaz cukup bagi Persipura untuk meraih kemenangan perdana. Performa buruk pada partai sebelumnya memaksa manajemen mencopot posisi Luciano Leandro.

Mereka kemudian menunjuk Jacksen yang tengah menganggur usai meninggalkan Barito Putera. Jacksen hengkang karena gagal membawa Barito Putera berjaya di lima pertandingan awal.

Perpaduan keduanya kini diharapkan bisa memulihkan reputasi Persipura. Jacksen merupakan salah satu kunci sukses Mutiara Hitam dengan mempersembahkan tiga dari total empat gelar juara Indonesia yang dimiliki klub tersebut.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persipura Jayapura: Dede Sulaiman, Ribeiro dos Santos, Valentino Telaubun, Muhammad Tahir, Yohanis Tjoe, Yustinus Pae, Ibrahim Conteh, Oh In-kyun (Mamadou Samassa 63), Todd Ferre (Ronaldo Meosido 90+2), Boaz Salossa, Titus Bonai (Gunansar Mandowen 76)

Pelatih: Jacksen F Tiago

Madura United: M Ridwan, Alfath Faathier (Slamet Nurcahyono 68), Andik Rendika Rama, Asep Berlian (Syahrian Abimanyu 74), Fachruddin, Fandry Imbiri, David Laly (Engelbert Sani 81), Marckho Sandi, Zulfiandi, Alberto Goncalves, Aleksandar Rakic

Pelatih: Dejan Antonic

Loading
Artikel Selanjutnya
Dari Ancaman Degradasi, Persipura Jayapura Kini Bermimpi Kompetisi Asia
Artikel Selanjutnya
Klasemen Shopee Liga 1: Persipura Pepet Madura United