Sukses

Valentino Rossi Butuh 5 Gadda untuk MotoGP Belanda

Liputan6.com, Barcelona- Valentino Rossi cukup puas dengan hasil tes yang dilakoni pasca balapan di MotoGP Katalunya. Di sirkuit Katalunya, Rossi lebih banyak fokus di perangkat elektronik untuk memperbaiki akselerasi.

Yang menarik, seperti dilansir crash, Yamaha mendatangkan ahli perangkat elektronik dari tim Yamaha WSBK, Michele Gadda dalam memperbaiki perangkat elektroniknya. Gadda merupakan Kepala kontrol elektronik untuk Yamaha Eropa. 

Dia menjadi figur kunci untuk pengembangan elektronik bagi tim Yamaha dan tentu buat Rossi yang masih kesulitan untuk konsisten di MotoGP 2019.

"Gadda itu orang yang baik. Buat saya kami banyak mengalami perbaikan dengan dia. Masalahnya kami butuh lima orang seperti Gadda, tapi kami hanya punya satu," kata Rossi seperti dikutip crash.

"Kami mencoba beberapa hal yang berbeda, utamanya dengan perangkat elektronik. Ini untuk memperbaiki pengereman dan sedikit akselerasi. Hasilnya positif,kami bisa memakainya untuk balapan MotoGP berikutnya."

2 dari 3 halaman

Rem Belakang

Rossi juga fokus untuk memperbaiki pengereman di belakang. Caranya yaitu dengan menambahkan lever dimana pengereman bisa dilakukan dengan ibu jari dan juga rem ala scooter.

"Saya mengetes rem dengan jempol dan juga rem ala scooter. Ini menarik dan tidak terlalu buruk. Anda hanya memakai gigi saat start sekarang, bagaimanapun start itu penting," ujarnya.

Rossi mengatakan yang menjadi masalah di pengereman yaitu kurangnya ruang.

"Mengerem dengan jempol itu lebih gampang. Mungkin ini bisa terjadi di masa depan karena bagaimanapun kalau pengereman ada di jari, ini membantu Anda saat di tengah tikungan," katanya.

3 dari 3 halaman

Coba Knalpot

Rossi juga menjajal knalpot yang dimodifikasi saat tes. Dia mengatakan perbedaanya tidak besar,kecuali saat memakai ban prototipe Michelin lansiran 2020.

"Bannya fantastis karena cengkeraman ban lebih baik saat akselerasi dan Anda bisa membuka gas lebih cepat," ujarnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Klasemen MotoGP: Marquez Makin Jauhi Andrea Dovizioso
Artikel Selanjutnya
Jadwal MotoGP: Menanti Duel Rossi vs Marquez di Assen?