Sukses

Ini Calon Kandidat Kuat Juara Copa Del Rey 2019, Sevilla Siap Mematahkan Dominasi Barcelona

Liputan6.com, Jakarta Copa del Rey dikenal sebagai kompetisi kasta kedua di tanah Spanyol. Piala Raja Spanyol atau Copa del Rey dalam bahasa Spanyol adalah sebuah kompetisi sepak bola tahunan yang diperuntukkan klub-klub sepak bola Spanyol. Nama lengkapnya adalah Copa de Su Majestad El Rey Don Juan Carlos I, namanya diambil berdasarkan nama Raja Spanyol yang memerintah saat ini, Juan Carlos I.

Adapun tim penguasa yang selalu menjadi langganan dari turnamen Copa del Rey adalah Barcelona yang telah mampu menjadi kampiun dalam empat tahun terakhir secara beruntun sejak tahun 2015, 2016, 2017, 2018. Catatan tersebut menyamai rekor juara beruntun yang dimiliki Real Madrid tahun 1905, 1906, 1907, 1908 dan Athletic Bilbao tahun 1930, 1931, 1932, 1933.

Namun, akankah kembali mencatatkan rekor baru dalam turnamen ini. Rasanya hal in perlu kita bahas lebih lanjut. Secara mengejutkan Barcelona harus takluk 1-2 saat menghadapi tuan rumah Levante pada laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey di Stadion Ciudad de Valencia, Kamis (10/1/2019) Jumat dini hari WIB.

Berikut telah Liputan6.com rangkum calon kuat kandidat juara Copa Del Rey 2019 Jumat, (11/1/2019).

2 dari 4 halaman

1. Real Madrid

Calon kandidat juara Copa Del Rey 2019 Real Madrid. Real Madrid meraih kemenangan dengan skor 3-0 atas Leganes pada laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey. Kemenangan tersebut menjadi modal berharga bagi skuat Los Blancos untuk mengangkat mental. Copa Del Rey menjadi pilihan turnamen yang harus dimenangkan setelah hasil buruk yang dialami oleh Real Madrid di Turnamen Liga Spanyol. Copa del Rey jadi ajang balas dendam Real Madrid untuk merusak dominasi Barcelona diajang ini. Namun berita buruknya adalah Real Madrid dihantam badai cedera. Kali ini, Los Blancos kehilangan kiper Thibaut Courtois akibat cedera paha. Kini, penjaga gawang berusia 26 tahun itu, diperkirakan untuk sementara belum bisa beraksi lagi di lapangan. Keylor Navas sekarang bersiap lagi untuk menggantinya posisinya mengawal gawang Real Madrid.

Sebelumnya, Gareth Bale, Marco Asensio, Marcos Llorente, Mariano Diaz dan Toni Kroos harus absen. Mereka mengalami cedera menjelang perjalanan akhir pekan ke Real Betis. Bale cedera saat Real Madrid bertandang ke markas Villarreal dalam lanjutan La Liga. Sementara itu, Real Madrid juga terancam tak bisa memainkan Toni Kroos hingga dua pekan ke depan. Mantan pemain Bayern Munchen itu mengalami cedera otot di kaki kirinya.

Partai leg pertama Babak 16 Besar Copa del Rey antara Real Madrid Vs Leganes jadi pertandingan spesial bagi pemain baru Los Galacticos, Brahim Diaz. Pasalnya, ia resmi melakoni debut sebagai pemain Real Madrid di laga yang berlangsung Kamis (10/1/2019). Brahim Diaz masuk di menit ke-78 menggantikan Vinicius Junior. Real Madrid sendiri mengakhiri laga ini dengan kemenangan 3-0.

3 dari 4 halaman

2. Barcelona

Calon kandidat selanjutnya adalah Barcelona. Meskipun pada laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey Barcelona harus takluk dengan skor 1-2 saat menghadapi Levante tapi Barcelona tetap difavoritkan. Barcelona kesulitan untuk mencetak gol dan hanya dapat meraih gol lewat titik putih melakui eksekusi Phil Coutinho. Barcelona memainkan sebagian besar pemain lapis kedua pada laga melawan Levante. Hal tersebut membuat Levante dapat mengimbangi permainan Blaugrana.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengakui timnya membutuhkan striker baru. Valverde mengakui, Blaugrana berpotensi mendapatkan striker anyar dalam waktu dekat. Valverde menilai lini serangan Barcelona butuh tambahan tenaga. Hal itu tidak terlepas dari kepergian Munir El Haddadi dari Camp Nou yang tinggal menunggu waktu. Valverde menyatakan, Barcelona dapat membeli pemain sebagai pengganti Munir.

Terlepas dari itu, Valverde mengaku punya opsi lain dari skuat Barcelona yang ada sekarang untuk bantuan di lini depan. Arturo Vidal bisa bermain sebagai sttriker jika terjadi keadaan darurat. Pertandingan melawan tuan rumah Levante merupakan laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey 2018-2019. Leg kedua akan dimainkan di markas Barcelona pada 18 Januari 2019. Barcelona saat ini masih memuncaki klasemen sementara La Liga Spanyol 2018-2019. Gerard Pique dan kawan-kawan mengoleksi 40 poin dari 18 laga yang telah dimainkan.

4 dari 4 halaman

3. Sevilla

Calon kandidat selanjutnya adalah Sevilla. Pada pertandingan leg pertama Copa Del Rey di kandang Athletic Bilbao, Sevilla sukses mengunci kemenangan dengan skor meyakinkan 3-1. Sevilla bakal cukup aktif di bursa transfer paruh kedua Januari 2019 ini. Meski prestasi tim cukup menjanjikan, mereka berencana membeli beberapa pemain, salah satunya bek Manchester United, Marcos Rojo. Estadio Deportivo melaporkan Sevilla akan berusaha mendapatkan Rojo pada Januari 2019 ini. Juaquin Caparros sangat menyukai Rojo dan ingin membawanya ke Ramon Sanchez Pizjuan.

Tidak hanya Marcos Rojo, striker Chelsea Alvaro Morata santer dikabarkan segera merapat ke Sevilla. Penyerang Timnas Spanyol itu bisa dikatakan mengalami kesulitan sejak pindah ke Chelsea di tahun 2017 silam. Ia sulit menemukan performa terbaiknya sehingga ia minim mencetak gol untuk tim London Barat tersebut. Agen Morata, Juanma Lopez, diketahui sedang berada di Spanyol untuk mengurus kepindahan Morata.

 

Reporter: Heri Setiawan

Aksi Ngebut Polisi Buru Pembawa Narkoba

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Hasil Lengkap Copa Del Rey: Levante 2-1 Barcelona
Artikel Selanjutnya
Klasemen La Liga: Barcelona Makin Jauhi Real Madrid