Sukses

Ernesto Valverde Jadi Pemecah Masalah di Barcelona

Ernesto Valverde buktikan ketangguhan dalam sisi manajerial di Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Ernesto Valverde memang belum memenangkan trofi Liga Champions di Barcelona. Dia juga tak seperti Luis Enrique yang langsung memenangkan 6 gelar di musim pertamanya.

Meski begitu, Valverde memberi inovasi untuk Barcelona. Valverde memberi solusi yang mungkin pelatih-pelatih lain angkat tangan saat masih melatih Barcelona.

Tantangan yang dihadapi Valverde tidaklah ringan. Perlahan tapi pasti, dia mampu melewati itu dengan baik.

Seperti dilansir Marca, Valverde kini menjelma menjadi bak pesulap yang mampu membebaskan diri dari ikatan di tangan dan kaki.

Menghadapi masa sulit di September saat Barcelona hanya menuai tiga poin di empat laga melawan Girona, Leganes, Athletic Bilbao dan Valencia, Valverde mampu melewatinya dengan tenang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Messi Cedera

Bahkan saat Barcelona bangkit lawan Sevilla dan Messi cedera, Valverde tetap bersikap tenang. Dia mampu menemukan formula Barcelona tanpa Messi.

Bahkan, Barcelona memenangi laga El Clasico dengan fantastis yaitu unggul 5-1 atas Real Madrid. Sempat diganggu kekalahan 3-4 dari Real Betis, namun Barcelona hingga kini terus menang.

Berada di grup sulit di Liga Champions, Valverde mampu melalui dengan mulus. Barcelona memastikan lolos 16 besar terlebih dahulu dibandingkan klub lain.

3 dari 3 halaman

Manajemen Pemain

Manajemen Valverde terhadap pemain juga patut diacungi jempol. Di awal musim dia sempat direcoki masalah keluhan Arturo Vidal yang mengomel di media sosial.

Lalu ditambah pula dengan masalah kedisiplinan Ousmane Dembele jelang menghadapi Inter Milan. Valverde tak mengerasi keduanya, tapi lewat pembicaraan hangat kedua pemain itu kini jadi starter untuk Barcelona.

Hingga saat ini Valverde sudah menggamit 3 gelar yaitu juara La Liga, Copa del Rey dan Piala Super Spanyol. Kalau saja tidak ada noda saat kalah dari AS Roma di Liga Champions musim lalu, dia tentu bisa dicap sempurna.

"Kalau kami menang, saya baik-baik saja, jadi saya ingin orang-orang bahagia dengan kemenangan kami," ujar Valverde.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.