Sukses

Profil Ole Gunnar Solskjaer, Sempat Sukses di Tim Cadangan Manchester United

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer ditunjuk sebagai selatih sementara (caretaker) Manchester United di sisa musim 2018/2019. Dia menggantikan Jose Mourinho yang dipecat Selasa (18/12/2018).

Ini adalah periode ketiga Solskjaer di Manchester United. Dia menghabiskan 11 tahun di sana sebagai pemain pada 1996-2007.

Begitu gantung sepatu, sosok berkebangsaan Norwegia tersebut menangani tim cadangan The Red Devils dalam periode 2008 hingga 2010. Pada kurun itu, Solskjaer mempersembahkan gelar Lancashire Senior Cup 2008 dan Manchester Senior Cup 2010.

Dia lalu pulang ke kampung halaman untuk menangani Molde. Solskjaer membantu tim menjadi juara Norwegia pada musim pertamanya.

Sosok yang dijuluki The Baby-faced Assassin ketika masih bermain tersebut lalu membawa Molde mempertahankan mahkota, plus memenangkan Piala Norwegia 2013.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gagal di Cardiff

Kinerja impresif Solksjaer terdengar hingga Inggris. Aston Villa sempat menawarinya pekerjaan pada 2012. Namun dia menolak karena alasan keluarga.

Cardiff City kemudian menawarinya pekerjaan pada Januari 2014. Kali ini Solskjaer menyambut. Sayang, dia datang di waktu salah.

Solksjaer gagal menyelamatkan Cardiff City dari degradasi. Sosok kelahiran Kristiansund ini kemudian dipecat pada September 2015 menyusul kinerja buruk di awal Divisi Championship.

Dia lalu kembali ke Molde sebulan kemudian. Performa stabil tim meyakinkan manajemen untuk mengontraknya hingga 2021.

Namun, kesempatan menangani Manchester United terlalu besar untuk dilewatkannya. "Klub ini selalu di hati. Saya tidak sabar bekerja dengan skuat berbakat yang kami miliki," kata Solskjaer, dilansir situs resmi klub.

3 dari 3 halaman

Bocor ke Publik

Manchester United sebelumnya keceplosan menyebut Solskjaer sebagai caretaker. The Red Devils menyebutnya sebagai pelatih interim pada video gol Solskjaer di final Liga Champions 1999 yang ditayangkan di situs resmi. Tidak lama berselang video tersebut dicabut dari peredaran.

Namun, kabar itu terlanjur beredar. Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg bahkan mengucapkan selamat kepada Solskjaer melalui akun Twitter.

Kini dia bertugas membantu Manchester United kembali ke papan atas. Saat ini The Red Devils menempati posisi enam klasemen Liga Inggris, 19 angka di belakang pimpinan tabel Liverpool. Mereka juga defisit 11 poin dari Chelsea yang mengantongi tiket terakhir Liga Champions musim depan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah
    Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah

    Ole Gunnar Solskjaer