Sukses

Piala AFF 2018: Rilis Skuat Filipina, Eriksson Andalkan Phil Younghusband

Ketajaman dan pengalaman Phil akan dimaksimalkan Filipina di Piala AFF 2018.

Liputan6.com, Manila - Setelah menunggu lama, Timnas Filipina akhirnya meriis skuat untuk berpetualang di Piala AFF 2018, Selasa (13/11/2018) pagi. Wajah-wajah lama masih menghiasi Filipina, termasuk kapten Phil Younghusband.

Filipina jadi tim terakhir yang mengumumkan skuatnya di Piala AFF 2018. Hal itu bisa dimaklumi mengingat mereka baru saja mengangkat Sven-Goran Eriksson sebagai pelatih anyar per 27 Oktober 2018. Artinya, Eriksson butuh waktu untuk lebih dulu mengenal para pemainnya.

Selain itu, Filipina juga baru akan menjalani laga perdana Grup B Piala AFF 2018 pada malam ini. Mereka akan menantang Singapura di Panaad Stadium. Jadi, tak heran jika Filipina baru mengumumkan skuatnya tepat jelang pertandingan pertama.

Tak ada nama-nama kejutan dalam skuat yang dirilis Filipina. Sebagian besar adalah wajah-wajah lama yang memang sudah mengeyam pengalaman tampil di Piala AFF. Yang menarik, mereka akan diperkuat Neil Etheridge, kiper yang berkiprah di Liga Inggris bersama Cardiff City.

Eriksson cukup lama menunggu konfirmasi mengenai keterlibatan Etheridge. Lalu, ia juga harus terlebih dulu menunggu konfirmasi Daisuke Sato, bek yang tampil di Liga Rumania bersama klub Sepsi Sfantu Gheroghe.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Phil

Sayang, Erikson tak bisa menyertakan penyerang andalan, Javier Patino. Striker berpengalaman The Azkals itu mengalami cedera betis. Eriksson pun tak mau berjudi dan memutuskan untuk meninggalkannya.

Di barisan penyerang, masih ada nama Phil Younghusband yang memang sudah jadi andalan Filipina sejak lama. Eriksson membutuhkan pengalaman dan ketajaman penyerang berusia 31 tahun itu di Piala AFF 2018. Apalagi, Phil juga memiliki reputasi sebagai top scorer Filipina sepanjang masa dengan 51 gol dari 99 laga.

Di sisi lain, Filipina memasang target juara di Piala AFF 2018. Selain itu, Piala AFF 2018 juga jadi ajang pemanasan Filipina sebelum tampil di Piala Asia 2019. Ya, Filipina baru mencetak sejarah dengan lolos ke putaran final Piala Asia untuk kali pertama.

 

3 dari 3 halaman

Skuat Filipina

Kiper: Neil Etheridge (Cardiff City FC [Wales]), Michael Falkesgaard (Bangkok United [Thailand]), Patrick Deyto (Davao Aguilas Bellmare FC)

Bek: Stephan Palla (Buriram United [Thailand]), Daisuke Sato (Sepsi OSK Sfantu Gheorghe [Romania]), Amani Aguinaldo (Ceres Negros FC), Alvaro Silva (Unattached), Carlie De Murga (Ceres Negros FC), Luke Woodland (Suphanburi FC [Thailand])

Gelandang: Martin Steuble (Ceres Negros FC), Manny Ott (Ceres Negros FC), Kevin Ingreso (Ceres Negros FC), John-Patrick Strauss (FC Erzgebirge Aue [Germany]), Stephan Schrock (Ceres Negros FC), James Younghusband (Davao Aguilas Bellmare FC), Paul Mulders (Ceres Negros FC), Iain Ramsay (Felda United [Malaysia]), Adam Reed (Davao Aguilas Bellmare FC), Curt Dizon (Ceres Negros FC)

Penyerang: Mike Ott (Ceres Negros FC), Phil Younghusband (Davao Aguilas Bellmare FC), Patrick Reichelt (Ceres Negros FC), Jovin Bedic (Kaya FC Iloilo)

Tim manajer: Dan Stephen Palami

Pelatih: Sven-Goran Eriksson

Senior Technical Advisor: Scott Cooper

Asisten pelatih: Chris Greatwich

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.