Sukses

Filipina Kehilangan Penyerang Andalan di Piala AFF 2018

Karena cedera betis, Javier Patino tak bisa memperkuat Timnas Filipina di Piala AFF 2018.

Jakarta - Jelang menjamu Singapura pada laga pertama Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Panaad, Selasa (13/11/2018) Filipina dapat kabar tak mengenakkan. The Azkals harus kehilangan penyerang andalan, Javier Patino.

Javier Patino, satu di antara pemain paling berpengalaman di timnas Filipina, tak bisa tampil di Piala AFF 2018 karena menderita cedera betis. Dengan kondisinya itu, ia tak lama lagi akan meninggalkan TC yang digelar sejak pekan lalu.

Striker 30 tahun itu menginformasikan kabar tersebut melalui Instagram Story-nya. Ia mengaku tidak dalam kondisi terbaik serta tak ingin mengambil risiko seandainya memaksakan tetap berada dalam tim untuk Piala AFF 2018.

"Saya hanya ingin menyampaikan, kemarin saya punya perasaan tak enak karena merasa tak nyaman di bagian betis dan saya tak bisa membantu rekan satu tim di Piala AFF. Kami memutuskan untuk tak mengambil risiko dan lebih baik bersiap untuk Piala Asia," tuturnya.

"Saya ingin menyampaikan semoga beruntung untuk semua rekan tim saya. Sekarang saya pulang ke rumah dan bersiap untuk comeback saya!" imbuhnya.

Cedera yang dialami Javier Patino sangat disayangkan mengingat striker Buriram United di Thai League 1 itu sebanarnya diplot sebagai penggedor utama the Azkals di Piala AFF 2018.

Selama ini ia memang lebih sering memperkuat Timnas Filipina saat uji coba jeda internasional mengingat di luar itu, ia jarang dilepas klubnya, termasuk di turnamen Piala AFF yang bukan turnamen dalam kalender resmi FIFA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengganti di Timnas Filipina

Sebelum gabung Buriram pada putaran kedua Thai League 1 2018, Patino pernah membela Henan Jianye di Liga Super China (2015-2018).

Di Buriram, ia mencatatkan 437 menit bermain dalam 11 pertandingan (rata-rata 40 menit per pertandingan) dan mencetak empat gol. Sementara di Timnas Filipina ia menorehkan 13 caps sejak panggilan pertamanya pada 2013. 

Tanpa Patino, the Azkals masih memiliki beberapa penyerang lain yang sudah dipanggil dan saat ini menjalani TC, semisal Jovin Bedic, Misagh Bahadoran, OJ Porteria, Jarvey Gayoso, hingga sang kapten, Philip Younghusband.

Di sisi lain, hingga Minggu malam (11/11/2018), Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) belum merilis 23 pemain final yang mengisi Timnas Filipina. Filipina jadi satu-satunya tim peserta di Piala AFF 2018 yang belum merilis skuat final.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.