Sukses

Kiper Real Madrid Bela Diri soal Tudingan Punya Kaki Lemah

Courtois baru bergabung dengan Real Madrid pada musim panas lalu.

Liputan6.com, Madrid - Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, menyampaikan pembelaan terkait kritik kepadanya belakangan ini. Courtois sempat diserang kritik karena tak cukup bagus menggunakan kakinya dalam peran sweeper-keeper yang populer di dunia sepak bola modern.

Kini, tugas seorang kiper memang sedikit lebih sulit. Jika dahulu kiper hanya bertugas menghalangi bola masuk ke gawang, saat ini banyak kiper yang diminta turut andil membangun serangan sejak dari belakang. Sebagai kiper Real Madrid, tantangan besar berada di depan Courtois.

Kiper yang hebat dinilai harus berani membuat banyak umpan-umpan pendek yang tepat sasaran. Beberapa nama sweeper-keeper yang paling populer adalah Manuel Neuer, Ederson Moraes, Marc-André Ter Stegen, Jordan Pickford, dan Alisson Becker.

Kiper-kiper tersebut memiliki kemampuan olah bola yang lebih baik dibanding kiper lain pada umumnya. Courtois membela diri, dia menegaskan kemampuan kakinya tidak buruk.

Memang dia bukan yang terbaik, tetapi menurutnya kemampuannya sudah cukup baik. Courtois percaya dia sudah melakukan tugasnya di bawah mistar gawang dengan cukup baik bersama Real Madrid.

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) bersama Kitabisa.com mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dalih Courtois

"Saya tidak buruk dengan kaki saya. Saya mungkin tidak termasuk jajaran yang terbaik, tetapi jelas saya juga tak buruk. Terkadang saya salah mengumpan bola panjang tetapi saya berani bermain dengan kaki saya," kata Courtois di Four Four Two.

Courtois juga mengambil contoh saat El Derbi Madrileno akhir pekan lalu. Kala itu dia berani memberi umpan pendek pada Raphael Varane meski Nikola Kalinic terus mengejar.

"Saya memberikan bola terakhir yang diikuti tekanan dari Kalinic pada Varane dengan kaki kanan saya. Banyak kiper lain akan membuang bola tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, Courtois juga berdalih banyak kiper lain yang membuat kesalahan lebih buruk. Bagaimanapun, Courtois merasa dia sudah melakukan tugasnya dengan baik dan itulah yang terpenting.

3 dari 3 halaman

Umpan Buruk

"Terkadang saya memberi umpan buruk, ya, tetapi saya tahu beberapa kiper lain yang, dapat dikatakan hebat dengan kakinya, membuat lebih banyak kesalahan dari saya," kata Courtois.

"Saya hanya melakukan apa yang perlu dilakukan, dan itulah yang terpenting," ucap dia.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.