Sukses

Belum Ada VAR, Ini Kronologi Kartu Merah Zidane di Piala Dunia 2006

Zidane diganjar kartu merah karena menanduk Materazzi di final Piala Dunia 2006.

Liputan6.com, Moskow - Insiden Zinedine Zidane menanduk Marco Materazzi menjadi salah satu aksi yang paling mengejutkan dalam sejarah Piala Dunia. Insiden itu terjadi di final Piala Dunia 2006 antara Prancis dan Italia.

Wasit Horacio Elizondo yang memimpin laga final Piala Dunia itu langsung menghadiahi Zidane dengan kartu merah. Setelah itu muncul pertanyaan bagaimana Elizondo dapat melihat insiden tersebut.

Sebab, ketika itu posisinya begitu jauh dari titik insiden, dan kala itu belum ada VAR. "Saya melihat Materazzi terkapar di tanah, sekitar 30 atau 40 meter jauhnya. Jadi saya menghentikan pertandingan," paparnya kepada Marca.

"Jadi saya bertanya pada diri saya sendiri, 'oh, apa yang terjadi?'," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asisten Wasit

Elizondo pun langsung bertanya pada asisten wasit. Nahasnya, kedua asistennya juga tak melihat insiden tersebut. Dia sempat kebingungan sampai ofisial keempat menyelamatkannya.

"Dengan segera, lewat interkom, saya bertanya pada asisten saya 'apa yang terjadi?'," ujar Elizondo. "Namun yang mengejutkan, mereka mengatakan bahwa mereka tidak melihat apa pun."

"Dan saat saya berpikir saya sedang dalam masalah, malaikat penyelamat saya, yang adalah Luis Medina Cantalejo, ofisial keempat di final ini, hadir," ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Kartu Merah

"Dia memberi tahu saya 'Horacio, Horacio, ada tandukan parah dari Zidane pada Materazzi, saat Anda melihat videonya di hotel Anda tidak akan percaya!'," tutur Elizondo menirukan perkataan Luis Medina.

"Jadi ketika saya sampai ke tempat kejadian perkara, saya sudah mendapat semua informasi ini dan keputusan yang akan saya buat adalah mengeluarkan Zidane dari lapangan," tuturnya.

Menyusul kartu merah Zidane, pertandingan itu berjalan terus sampai adu penalti. Italia akhirnya sukses menjadi juara dunia.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.