Sukses

Pedrosa dan Honda Resmi Berpisah usai MotoGP 2018

Dani Pedrosa menegaskan bahwa dirinya butuh tantangan baru usai MotoGP 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Isu perpisahan Dani Pedrosa dengan Honda akan jadi kenyataan setelah MotoGP 2018 berakhir. Pedrosa mengumumkan rencana kepergiannya usai balapan MotoGP Italia 2018 di Sirkuit Mugello.

"Saya ingin berterima kasih kepada HRC untuk semua tahun sukses besar ini. Saya telah tumbuh, tak hanya sebagai pembalap, tapi juga sebagai seseorang, bersama mereka. Saya akan selalu memiliki HRC dalam ingatan dan hati saya," ujar Pedrosa, seperti dilansir situs MotoGP.

Kepergian Dani Pedrosa dari Honda memang sudah diprediksi banyak pihak sejak MotoGP 2018 bergulir. Itu karena kolaborasi pembalap asal Spanyol itu tak begitu menguntungkan bagi Honda di kelas MotoGP.

Padahal, Dani Pedrosa menyandang status sebagai salah satu pembalap dengan banyak pengalaman di kelas MotoGP. Bahkan, saat ini ia adalah pembalap terlama kedua yang sudah mengarungi petualangan di kelas MotoGP setelah Valentino Rossi.

Masalahnya, lamanya petualangan yang dijalani tak dihiasi dengan gelar juara dunia MotoGP. Belum sekalipun pembalap berusia 32 tahun itu tampil sebagai juara dunia MotoGP. Ia hanya pernah jadi runner-up di musim 2007, 2010, dan 2012.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terima Kasih Honda

Di musim ini pun tak ada tanda-tanda Pedrosa akan bangkit. Pembalap berusia 32 tahun itu belum meraih hasil yang memuaskan. Hingga balapan di Mugello, rapornya adalah finis ketujuh di Qatar, gagal finis (Argetina), ketujuh (Austin), gagal finis (Spanyol), kelima (Prancis), dan gagal finis (Italia).

"Dalam kehidupan, kita semua membutuhkan tantangan baru dan saya merasa sudah waktunya untuk perubahan. Terima kasih, HRC," ucap Pedrosa.

"Hari ini adalah hari yang sedih untuk saya. Atas nama HRC, saya ingin berterima kasih kepada Dani atas semua kerja keras dan kesuksesannya. Dan mengucapkan terima kasih kami selama dua dekade kebersamaan ini. Kami juga mendoakan yang terbaik untuk keberuntungan dan kesuksesan. Terima kasih, Dani," timpal Presiden HRC, Yoshishige Nomura.

 

3 dari 3 halaman

Rapor Pedrosa di Semua Kelas

125cc

46 balapan, 8 menang, 17 podium, 9 pole, 5 fastest lap, 566 poin

250cc

32 balapan, 15 menang, 24 podium, 9 pole, 15 fastest lap, 626 poin

MotoGP

205 balapan, 31 menang, 112 podium, 31 pole, 44 fastest lap, 2882 poin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.