Sukses

SOROT BINTANG: Gebrakan Gareth Bale

Gareth Bale kembali mencetak gol saat Real Madrid bertemu Barcelona di Camp Nou.

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid nyaris dipermalukan Barcelona pada El Clasico yang berlangsung di Camp Nou, Minggu (6/8/2018). Beruntung, Gareth Bale mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. 

Meski hanya bermain imbang, Bale setidaknya menyelamatkan wajah Los Blancos yang sudah unggul jumlah pemain di babak kedua. Barcelona harus bermain dengan 10 pemain setelah wasit memberi kartu merah kepada Sergi Roberto di penghujung babak pertama.

Meski bermain dengan 10 pemain Lionel Messi mampu membawa tuan rumah kembali unggul 2-1 lewat golnya pada menit ke-52. Sebelumnya Barca juga sempat memimpin lewat gol Luis Suarez menit ke-10 sebelum akhirnya disamakan Cristiano Ronaldo menit ke-14. 

Dalam duel ini, Bale tampil sejak menit pertama. Pemain asal Wales itu mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-72 memanfaatkan umpan dari Marco Asensio. Gol ini sekaligus mengubah skor menjadi 2-2 dan menghindari Real Madrid dari kekalahan. 

Ini adalah gol kedua beruntun yang dicetak Bale bersama Real Madrid di La Liga musim ini. Sebelumnya, dia mencetak gol saat Real Madrid mengalahkan Leganes 2-1, 28 April lalu. Namun secara keseluruhan, musim ini, Bale baru membukukan 16 gol di semua kompetisi. 

"Poin tandang yang sulit, kami harus terus berjuang," ujar Bale lewat akun Instagramnya.

Sayang perfoma apik Bale ternoda pelanggaran keras yang dilakukannya terhadap Samuel Umtiti di penghujung babak pertama. Dia menginjak betis pemain asal Kamerun itu saat berusaha merebut bola. Beruntung, aksi ini tidak mendapat hukuman kartu dari wasit. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masa Sulit

Gol Bale di Camp Nou sebenarnya tidak berpengaruh lagi bagi perburuan gelar juara musim ini. Sebab Barca yang memimpin klasemen La Liga, sudah tidak terkejar oleh tim manapun. Namun bagi Bale, gol ini setidaknya mampu mengembalikan kepercayaan dirinya sebagai penyerang Real Madrid setelah mengalami musim yang buruk tahun ini.

Seperti diketahui, badai cedera yang menimpa, membuatnya sering absen di lapangan hijau. Akibatnya, lambat-laun Bale pun harus merelakan tempatnya di posisi utama Los Blancos.

Musim ini, dari 24 kali tampil di La Liga, enam laga dijalani Bale dari dari bangku cadangan.  Sementara di pentas Liga Champions, Bale baru tampil 6 kali di mana 3 di antaranya sebagai pemain pengganti. Bahkan Bale sempat menjadi pemanis bangku cadangan saat Real Madrid bertemu Bayern Munchen pada leg pertama babak semifinal, 24 April lalu. Sedangkan di leg kedua sepekan kemudian, pemain asal Wales tersebut turun sebagai pemain pengganti.

Situasi ini membuat Real Madrid disebut-sebut bakal melepas Bale pada bursa transfer nanti. Los Blancos kabarnya bahkan rela menurunkan harga Bale dengan Karim Benzema demi mendapatkan pembeli. Sebelumnya, Real Madrid membanderol Bale dan Benzema dengan total nilai mencapai 100 juta euro (Rp 1,68 triliun). Namun kini, Los Blancos menurunkan harga kedua pemain tersebut ke angka 70 juta euro atau setara dengan Rp 1,18 triliun.

Sejumlah klub kabarnya bahkan sudah siap menampung Bale bila akhirnya meninggalkan Bernabeu. Mulai dari Manchester United (MU), hingga mantan klubnya, Tottenham Hotspur. Hanya saja, belum satupun yang menjalin kata sepakat dengan kubu Los Blancos. 

 

 

3 dari 3 halaman

Sinyal Bertahan

Meski demikian, Bale justru menunjukkan isyarat yang bereda. Di tengah rumor kepindahannya, mantan pemain Spurs itu justru menunjukkan sinyal bertahan di Madrid. Dia bahkan sempat mengenakan ban kapten saat Real Madrid bertemu Leganes, 28 April lalu. 

Ban kehormatan itu diterimanya setelah Karim Benzema ditarik pada menit ke-62. Ini merupakan kali pertama Bale mendapat kesempatan langka itu selama berkostum Madrid. Ban kapten di lengan kiri Gareth Bale menegaskan statusnya di Real Madrid. Media-media di Spanyol menganggap Bale tidak akan angkat kaki dari Santiago Bernabeu.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, juga sama. Pria asal Prancis itu juga menganggap Bale sebagai aset penting. Dia masih setia menunggu performa Bale kembali seperti sedia kala. 

"Saya punya beberapa pemain yang sangat bagus di dalam skuat. Ada beberapa pemain yang sedang tampil baik saat ini," ujar Zidane dilansir dari Goal beberapa waktu lalu.

"Masih ada beberapa pertandingan tersisa dan saya akan mengandalkan Bale. Tidak benar kalau saya tidak memainkannya," kata Zidane.

Setelah El Clasico, Real Madrid kini menantikan pertandingan yang jauh lebih penting, yakni final Liga Champions, 26 Mei mendatang. Dalam duel ini, Madrid akan berhadapan dengan Liverpool di Kiev, Ukraina. Namun sebelum itu, Real Madrid juga masih harus melewati 3 laga lagi di La Liga. Bila Bale mampu tampil stabil di tiga laga ini, bukan tidak mungkin dia kembali mendapat tempat di tim utama Los Blancos saat final Liga Champions. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.