Sukses

Riko Simanjuntak Simpan Hasrat Bela Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Penampilan buas Riko Simanjuntak di musim ini belum berbuah panggilan dari Timnas Indonesia, khususnya kelompok umur U-23 yang diproyeksikan untuk Asian Games 2018. Padahal, pemain berusia 23 tahun tersebut tampil apik di Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak dan AFC Cup 2018 bersama Persija Jakarta.

Timnas Indonesia U-23 tengah mengikuti turnamen Anniversary Cup pada 27 April-3 Mei 2018. Skuat berjuluk Garuda Muda tersebut memanggil tiga pemain senior untuk perhelatan itu.

Tiga pemain senior yang dibawa ialah Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta), Ilija Spasojevic (Bali United), dan Lerby Eliandry (Borneo FC). Kendati belum mendapatkan kesempatan, Riko mengaku menyimpan hasrat untuk berseragam Garuda di dada kelak suatu saat nanti.

"Mungkin Riko harus sabar. Kalau ada rezeki di Timnas Indonesia, pasti mau. Apalagi kita sebagai Warga Negara Indonesia pasti mau bermain di Timnas Indonesia," ujar Riko.

Selama ini, Riko belum pernah membela Timnas Indonesia di segala kelompok usia. Saat ini, waktunya untuk Riko membuktikan bahwa dirinya telah pantas membela panji-panji Merah Putih di panggung internasional

2 dari 3 halaman

Cemerlang di AFC Cup

Nama Riko terus menjadi buah bibir setelah mencatatkan hattrick assists kala Persija membungkam Tampines Rovers 4-2 pada partai terakhir Grup H AFC Cup. Banyak pihak yang menyarankan pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla Aspas untuk menguji kualitas eks Semen Padang itu.

"Tapi, saya tidak tahu (kenapa) belum dipanggil. Yang penting, saya bermain baik di setiap laga agar mereka dapat menilai bahwa Riko layak bermain di Timnas (Indonesia)," imbuh gelandang berusia 26 tahun itu.

Riko memiliki kesempatan besar memperkuat Timnas Indonesia selepas Asian Games 2018. Pasalnya, Skuat Garuda level senior bakal berpartisipasi pada Piala AFF 2018.

3 dari 3 halaman

Menyukai Tantangan

Tantangan yang membuat Riko memilih tawaran Persija. Sempat ada klaim bahwa Arema FC berminat untuk menggunakan jasa mantan pemain Persegres Gresik United itu di awal musim.

"Riko suka tantangan makanya saya pilih Persija yang (memiliki) suporter besar dan tim ibu kota. Makanya saya ingin membuktikan diri bahwa saya layak bermain di Persija," ucap Riko mengakhiri.

Agnes Keleti, Atlet Peraih Medali Olimpiade Tertua
Loading