Sukses

Atasi Mitra Kukar, Persipura Gusur Persija di Puncak Klasemen

Persipura Jayapura unggul satu poin atas Persija di klasemen Liga 1.

Liputan6.com, Jayapura - Persipura Jayapura melanjutkan tren tak terkalahkan mereka di Go-Jek Liga 1 2018 bersama BukaLapak. Menjamu Mitra Kukar pada pekan kelima di Stadion Mandala, Sabtu (21/4/2018), tim besutan Peter Butler itu menang 2-1.

Kemenangan itu pun membawa Persipura Jayapura kembali merebut puncak klasemen Liga 1. Sebelumnya, takhta yang mereka tempati direbut Persija Jakarta. Kini, Persipura menguasai klasemen dengan keunggulan satu poin atas Persija.

Persipura Jayapura juga mempertahankan catatan unik yang mereka ukir. Mereka menjaga konsistensi selalu mencetak dua gol di setiap pertandingan. Sebelumnya, mereka menang 2-1 atas Persela Lamongan, 2-2 kontra Barito Putera, 2-0 atas PS Tira, dan 2-2 kontra Sriwijaya FC.

Mengemban misi kembali ke puncak klasemen, Persipura langsung tampil menggebrak sejak awal. Ancaman sudah diberikan di menit keenam ketika umpan Boaz Solossa nyaris dimaksimalkan Hilton Moreira. Namun, Hilton kesulitan mengarahkan bola.

Enam menit kemudian, Persipura sudah mencetak keunggulan. Adalah Ian Louis Kabes yang mencatatkan namanya di papan skor setelah eksekusi tendangan bebasnya gagal dihentikan kiper Kukar, Geri Martin Millian Mandagi.

Tak butuh waktu lama bagi Persipura untuk menambah keunggulan. Kabes tampil sebagai kreator setelah tendangan bebasnya sukses dimaksimalkan lewat sundulan Marcel Sacramento di menit ke-19.

Tertinggal 0-2, Kukar mencoba untuk tampil lebih menekan. Peluang didapatkan mereka di menit ke-25. Sayang, sundulan Mauricio Leal masih melenceng di atas mistar gawang Persipura kawalan Dede Sulaiman.

Persipura nyaris mencetak gol ketiganya di menit ke-31. Sayang, Sacramento dianggap dalam posisi offside ketika menerima bola liar. Di menit ke-36, giliran Gunansar Mandowen yang mendapatkan peluang emas. Ironisnya, tendangannya dari dalam kotak penalti bisa diamankan Mandagi.

Berbagai peluang terus didapatkan tim Mutiara Hitam hingga jelang turun minum. Namun, keunggulan 2-0 tuan rumah tak berubah hingga wasit meniup peluit tanda jeda babak pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Di awal babak kedua, penguasaan permainan lebih terlihat jadi milik Kukar. Ancaman diberikan tim Naga Mekes di menit ke-52 ketika umpan Danny Guthrie disambar David Maulana. Sialnya, arah bola masih belum menemui sasaran.

Kesempatan lewat tendangan bebas didapat di menit ke-55. Kali ini, eksekusi tendangan bebas Guthrie hanya membentur pagar hidup dan menghasilkan sepak pojok. Peluang lewat sepak pojok pun masih gagal dimaksimalkan anak asuh Peter Butler.

Di menit ke-57, kerja sama ciamik sempat diperlihatkan para pemain Kukar di depan kotak penalti Persipura. Sayang, tendangan keras Dedi Hartono yang sudah mengarah tepat masih mudah diamankan Dede.

Situasi mengancam terjadi di kotak penalti Kukar di menit ke-59. Mandagi melakukan kesalahan saat akan mengamankan bola. Untungnya, tendangan spekulasi Hilton hanya membentur mistar gawang.

Sacramento nyaris mencetak gol keduanya di menit ke-63. Berawal dari serangan di sisi kanan, pemain asal Brasil itu mendapatkan ruang tembak di dalam kotak penalti. Tapi, tendangannya masih bisa ditepis Mandagi.

Setelah itu, intensitas serangan Kukar sedikit menghilang. Rafael Berges yang menyadari hal itu pun memasukkan Arif Suyono untuk menggantikan Dedy Gusmawan di menit ke-75. Di menit ke-84, Persipura sempat mencetak gol lewat Womsiwor. Tapi, gol ini dianulir karena bola sudah lebih dulu melewati garis gawang.

Drama terjadi di menit ke-86. Wasit memberikan kartu merah untuk Mandowen setelah melanggar menyikut salah satu pemain Kukar. Kartu merah kembali dirogoh dari saku wasit di menit ke-89. Kali ini diberikan untuk Hendra Bayauw. Tak terima dianggap offside, ia melemparkan bola ke arah asisten wasit.

Kukar akhirnya memperkecil ketertinggalan di menit ke-90. Umpan terobosan mampu dimaksimalkan David Maulana dengan tendangan chip yang melewati Dede. Sayang, sampai laga berakhir, Kukar gagal mendapat gol penyeimbang.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persipura Jayapura: Dede Sulaiman; Ricardo Salampessy (Abdoulaye Maiga 10), Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Boas Atuturi, Ian Louis Kabes, Muhammad Tahir, Gunansar Mandowen, Marcel Sacramento, Hilton Moreira, Boaz Solossa (Prisca Womsiwor 29 (Andri Ibo 90+1)

Pelatih: Peter Butler

 

Mitra Kukar: Gerri Martin Millian Mandagi; Mauricio Leal, Wiganda Pradika, Dedy Gusmawan (Arif Suyono 75), Bayu Pradana, Muhammad Bahtiar (Hendra Bayauw 55), Danny Guthrie, Septian David Maulana, Dedy Hartono, Rendy Siregar, Fernando Rodrigues Ortega

Pelatih: Rafael Berges

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.