Sukses

Marquez Nyaris Jatuh di Hari Pertama MotoGP Argentina

Marquez tampil impresif di MotoGP Argentina dengan menorehkan waktu 1 menit 39,395 detik.

Liputan6.com, Santiago del Estero - Marc Marquez tampil cemerlang di hari pertama MotoGP Argentina. Pembalap Repsol Honda Team itu mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan bebas kedua, Jumat (6/4/2018).

Juara MotoGP musim lalu itu tampil impresif dengan menorehkan waktu 1 menit 39,395 detik. Dia mengungguli Cal Crutclow yang lebih lambat 0,404 detik di posisi kedua.

Namun di balik keberhasilannya menjadi yang tercepat, Marquez rupanya hampir dua kali terjatuh di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Momen pertama terjadi di sesi latihan bebas pertama, dia nyaris bersenggolan dengan rider Movistar Yamaha, Maverick Vinales di tikungan kelima.

"Tentang insiden dengan Vinales dan juga melibatkan (Karel) Abraham, ini lebih ketat. Cukup berbahaya karena mereka melebar, mungkin lebih lambat, tetapi di sini ketika Anda pergi ke jalur yang kotor sangat sulit membelokkan motor, untuk berhenti," ucapnya, dikutip dari Motor Sport.

"Saya masuk dan kemudian mulai kehilangan bagian belakang, saya bilang pada diri sendiri, ‘Oke, saya melebar’. Saya menyadari melebar, saya juga melihat sebuah tempat kecil di antara Abraham dan Maverick, saya hanya melepaskan rem dan membuka gas untuk berada di tempat itu, karena jika tidak saya mengenai mereka dan terlalu berbahaya," ucap rider MotoGP asal Spanyol tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Insiden di Pit

Marquez juga nyaris terjatuh di pit lane pada sesi latihan bebas kedua. Marquez terlalu tergesa-gesa saat mengganti motornya, untung dia mampu menyeimbangkan tunggangannya.

"Saya mencoba flag-to-flag secara cepat dan saya memberikan catatan waktu, karena tim mengatakan kepada saya bahwa mereka mengontrol," ucapnya.

"Tempat di mana motor berada itu tidak beraspal, semacam tarmac yang berbeda, lebih licin dan agak kotor. Saya kehilangan kendali bagian belakang. Kami perlu berhati-hati tentang hal ini pada Minggu, karena ini adalah titik lain di mana kami memiliki beberapa risiko."

 

3 dari 3 halaman

Sirkuit Bebahaya

Sirkuit Termas de Rio Hondo menjadi tempat paling berbahaya bagi Marquez. Dia sudah dua kali gagal finis di Argentina.

Tahun lalu, Marquez gagal finis di MotoGP Argentina. Dia terjatuh di lap ketiga akibat kesalahannya sendiri. Dia juga gagal finis saat balapan MotoGP 2015, Marquez terjatuh di lap ke-23.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.