Sukses

Semangat Para Veteran Kunci Kekuatan Juventus

Liputan6.com, Turin - Bek veteran Juventus Giorgio Chiellini mengungkapkan penyebab timnya keteteran di awal musim. Menurutnya, hal itu karena para pemain veteran I Bianconeri sempat kehilangan semangat.

Kemenangan Juventus atas Tottenham Hotspurs pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Wembley, London, Rabu (7/3/2018) lalu, setelah sempat tertinggal lebih dulu membuktikan pengalaman bisa berbicara lebih di lapangan. Laga itu dimenangkan Juventus 2-1.

"Memang benar bahwa para penggawa Italia selalu hadir. Namun, pemain lain juga pantas mendapatkan pujian. Juga ada Lichtsteiner yang sudah di sini sejak Scudetto pertama (berturut-turut) dan Asamoah yang datang semusim berikutnya," ujar Chiellini kepada Sky, Sabtu (10/3/2018).

Sepanjang pertandingan lawan Tottenham, Chiellini tampak begitu bersemangat menjaga pergerakan Harry Kane. Striker paling berbahaya di Inggris itu tidak dibiarkan membahayakan gawang Juventus. Ia pun berkali-kali menggelorakan semangat bersama Gianluigi Buffon dengan beradu jidat setiap kali menggagalkan peluang para pemain Tottenham.

"Setelah periode pertama musim ini di liga, kami mungkin sedikit merasa puas. Kami lantas tidak memiliki rasa lapar yang sama seperti biasanya. Lalu kami saling menatap dan bilang, ‘Wah, tidak betul ini, kita harus berubah’," kata bek 33 tahun itu.

Juventus bangkit usai memasukkan Kwadko Asamoah dan Stephan Lichtsteiner di paruh babak kedua. Dua pemain yang turut mengiringi kesuksesan Si Nyonya Tua dalam enam musim terakhir itu masuk menggantikan pemain-pemain yang tergolong anyar, yakni Blaise Matuidi dan Medhi Benatia.

"Tim tidak boleh mengacuhkan pelatih mereka, sebagaimana pelatih juga tidak boleh mengacuhkan timnya. Saya katakan bahwa itu (kemenangan di Wembley) sungguh sangat emosional, baik bagi kami maupun bagi fans kami," ucap Chiellini.

1 dari 3 halaman

Salip Napoli

Setelah mengamankan tiket ke perempat final Liga Champions, Chiellini dan kawan-kawan kini bisa sedikit merenggangkan otot. Mereka bisa fokus sejenak ke Liga Italia Serie A untuk menyalip Napoli. Saat ini, mereka masih berada di belakang I Partenopei dengan selisih satu poin. Namun, masih memiliki tabungan satu pertandingan, yakni melawan Atalanta.

"Kami selalu di belakang mereka selama ini. Kami berharap bisa menyalip mereka hari Minggu, bahkan walaupun cuma beberapa jam karena kami bermain duluan. Kami punya kesempatan untuk mengambilalih puncak klasemen dan setelah itu kita lihat saja bagaimana," ujar Chiellini.

2 dari 3 halaman

Lawan Udinese

Kesempatan menyalip Napoli memang terbuka lebar bagi Juventus pekan ini. Sebab, mereka akan melawan Udinese di Stadion Allianz. Sementara Napoli harus melawan Inter Milan di Giuseppe Meazza.

"Menurut saya, mulai hari ini kami akan fokus pada laga hari Minggu karena pekan ini akan--saya tidak mau bilang menentukan--sangat, sangat penting bagi kami di liga," imbuh Chiellini. (Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
AS Roma Berniat Tiru Juventus di Liga Champions
Artikel Selanjutnya
Bek Juventus Targetkan Segera Salip Napoli