Sukses

4 Pemain Juventus yang Berstatus Bebas Transfer Akhir Musim Ini

Liputan6.com, Jakarta - Musim 2017/2018 kemungkinan besar akan jadi musim terakhir kiper veteran Juventus, Gianluigi Buffon. Penjaga gawang berusia 40 tahun itu jauh-jauh hari sudah menyatakan akan gantung sarung tangan selepas Piala Dunia 2018.

Kegagalan Timnas Italia lolos ke putaran final di Rusia setelah dikalahkan Swedia di babak play-off, diyakini bakal membuat kiper yang telah memenangkan delapan gelar Scudetto bersama Juventus itu menyudahi kariernya di pengujung musim ini.

Tanda-tanda akan pensiunnya Buffon di akhir musim ini pun tampak dari masa kontraknya bersama Juventus, yang akan habis 30 Juni mendatang. Hingga saat ini, kiper yang membawa Tim Azzuri juara Piala Dunia 2006 itu belum juga meneken kontrak baru.

Terlepas jadi tidaknya Buffon pensiun, ada empat pemain Juventus lainnya yang kontraknya juga akan berakhir musim ini.

Seperti halnya Buffon, sampai sekarang Juventus belum menyodorkan kontrak baru kepada mereka. Siapa saja pemain tersebut? Berikut daftarnya.

1 dari 5 halaman

1. Giorgio Chiellini

Bek tangguh Juventus, Giorgio Chiellini akan habis masa kontraknya pada 30 Juni mendatang. Berulang kali Juventus dikabarkan akan menambah kontraknya untuk jangka satu tahun lagi, dengan opsi tambahan satu tahun jika masih tampil meyakinkan. Namun sampai sekarang, perpanjang kontraknya tak kunjung terealisasi.

Chiellini sudah membela Juventus sejak tahun 2005. Ia diboyong dari Fiorentina seharga 7,7 juta euro. Ia juga termasuk salah satu penggawa I Bianconeri yang tetap setia ketika klub tersebut terdegradasi ke Serie B akibat skandal calciopoli di tahun 2006.

Di Juventus, Chiellini mendapat gaji sebesar 3,5 juta euro per musim. Belum diketahui apakah besaran gaji ini yang membuat Si Nyonya Tua masih ragu memberikannya kontrak baru. Jika benar demikian, negosiasi soal besaran gaji bisa dibicarakan akhir musim.

2 dari 5 halaman

2. Andrea Barzagli

Sama seperti Chiellini, bek kawakan Juventus, Andrea Barzagli juga akan habis kontraknya akhir musim ini. Januari lalu, Juventus dikabarkan akan memberinya kontrak baru berdurasi dua tahun. Artinya, bek 36 tahun itu diharapkan tetap berseragam I Bianconeri sampai tahun 2020.

“Kami sudah bicara beberapa hari lalu bersama klub dan direktur, jadi saya berharap bisa memperpanjang kontrak segera,” ujar Barzagli kepada Sky Sport Italia.

Tidak diketahui apakah Juventus berubah pikiran, atau masih ada kendala soal detail dalam kesepakatan kontrak barunya. Yang pasti, hingga saat ini, perpanjangan kontrak yang dimaksud masih belum terealisasi.

“Saya yakin kami sama-sama ingin terus bersama. Memang saat ini belum ada yang ditulis, namun kami sedang dalam proses lanjutan,” kata Barzagli.

 

3 dari 5 halaman

3. Stephan Lichtsteiner

Satu lagi penggawa penting Juventus dalam meraih kesuksesan di enam musim terakhir, yang akan habis kontraknya Juni mendatang adalah Stephan Lichtsteiner. Namun, berbeda dari Chiellini dan Barzagli, Lichtsteiner hampir dipastikan akan dibiarkan pergi akhir musim nanti.

Sama seperti Barzagli, Lichtsteiner dibeli Juventus pada tahun 2011. Bek sayap kanan Swiss itu direkrut dari Lazio dengan nilai transfer 9,93 juta euro.

Tanda-tanda berakhirnya masa Lichtsteiner bersama I Bianconeri sudah tampak sejak musim lalu. Bersaing dengan Dani Alves, ia tak mendapat porsi bermain yang cukup. Musim ini, kendati lebih sering diturunkan dibanding bek anyar Mattia De Sciglio, performa 34 tahun itu sudah mulai menurun.

4 dari 5 halaman

4. Kwadko Asamoah

Kwadko Asamoah dilaporkan akan berganti kostum Inter Milan musim depan. Kabar ini mencuat menyusul kontraknya bersama Juventus akan habis pada 30 Juni mendatang. Sejauh ini, Si Nyonya Tua tidak berniat untuk memperpanjangnya.

Dengan kondisi ini, Inter Milan bisa mendapatkan Asamoah secara gratis pada bursa transfer musim panas mendatang. Menurut laporan Corriere dello Sport, bek asal Ghana itu telah mencapai kesepakatan personal dengan I Nerazzuri dan akan diberi kontrak berdurasi tiga tahun. Ia akan mendapat gaji sebesar 3 juta euro per musim, belum termasuk bonus.

Sebelum kabar ini muncul, tahun lalu Asamoah sempat dikait-kaitkan dengan beberapa klub Liga Turki, termasuk salah satunya Galatasaray. Namun, proses transfer pemain 29 tahun itu tidak terwujud lantaran Juventus masih membutuhkannya untuk dijadikan pelapis Alex Sandro. (Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
Ronaldo Korea Ancam Juventus
Artikel Selanjutnya
Kane Ingin Tottenham Tampil Lepas Lawan Juventus