Sukses

Sorot Bintang: Rekor Fantastis Messi

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi kembali mencatatkan rekor baru dalam perjalanan kariernya sebagai pesepak bola. Pemain yang akrab dijuluki La Pulga itu telah menyentuh 600 gol bersama klub dan timnas. Ini sekaligus menjadi sinyal peringatan bagi lawan, kalau Messi masih berbahaya. 

Pencapaian ini diraih saat Messi memperkuat Barcelona menghadapi Atletico Madrid, Minggu (4/3/2018). Dalam duel di Camp Nou itu, Barcelona menang dengan skor tipis 1-0. 

Messi tampil jadi pahlawan dalam pertandingan ini lewat gol semata wayang pada menit ke-26. Pemain timnas Argentina itu berhasil merobek jala Atletico lewat skema bola mati. Tendangan kaki kiri yang keras dari jarak sekitar 30 m mampu melewati tembok Atletico. 

Dua pemain lawan sebenarnya sudah melompat ke arah yang benar. Mereka berusaha memblokade sepakan Messi. Namun bola masih mampu melewati mereka sebelum akhirnya mendarat di luar jangkauan kiper Atletico Madrid, Jan Oblak, yang melompat ke arah kiri.  

Itu jadi satu-satunya gol yang tercipta dalam duel ini. Barcelona pun menang 1-0. Gol ini sekaligus membuktikan ketajaman Messi sebagai eksekutor bola mati. Apalagi dalam dua laga sebelumnya, Messi juga mampu melakukan hal yang sama dalam mencetak gol. 

Tambahan tiga angka membuat Barcelona semakin menjauh dari rival-rivalnya. Sedangkan bagi Messi hasil duel ini semakin menahbiskannya sebagai penyerang terbaik di dunia. 

Seperti dilansir Forbes, itu merupakan gol ke-600 La Pulga. Rinciannya, 539 dicetak saat berseragam Barcelona, dan sisanya, yakni 61 gol saat memperkuat Timnas Argentina. 

Bagi Messi, ini adalah gol ke-24 di La Liga musim ini dan semakin mengukuhkan namanya sebagai top scorer sementara. Tambahan satu gol juga sekaligus menjadikan status Messi sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa La Liga semakin tak tergantikan. 

Pencapaian ini semakin terasa spesial karena disaksikan 90,356 fans yang hadir di Camp Nou--jumlah penonton terbesar yang memenuhi kandang Barca musim ini.

Seperti diketahui, Messi telah memperkuat Barcelona sejak 2004 lalu. Saat itu, usianya masih 17 tahun. Namun ketajamannya sudah mulai terlihat di lapangan. Meski usianya terbilang masih sangat muda, mental bertanding Messi tidak kalah dari senior-seniornya. 

Messi membuka keran golnya pada 1 Mei 2005 saat Barca menjamu Albacete di Camp Nou. Saat itu, La Pulga masih mengenakan kostum dengan nomor punggung yang tidak umum, yakni 30. Dia berhasil merobek jala lawan usai menerima umpan dari Ronaldinho. Hebatnya, saat itu Messi tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol bagi tim senior Barca.

Messi sendiri baru mendapat kontrak resmi bersama tim senior Barcelona, 24 Juni 2005. Saat itu, dia sudah berusia 18 tahun. Bersama Barcelona, Messi lalu terbang lebih tinggi. 

 

 

 

 

1 dari 3 halaman

Sulit Ditebak

Sepanjang kariernya, Messi telah mencetak gol ke 99 klub. Atletico merupakan tim favorit kedua yang menjadi lumbung gol Messi setelah Sevilla. 

Pelatih Atletico, Diego Simeone, sampai angkat topi kepada Messi. Mantan pemain timnas Argentina itu tidak membantah bila sulit bagi timnya menanggulangi ancaman Messi. 

"Jika saja (Lionel) Messi mengenakan jersey Atletico Madrid, kami pasti menang dari Barcelona. Dia pemain yang unik," kata Simeone, dikutip dari Football Espana.

Sebelum pertandingan, Simeone sudah merasakan bakal sulit meredam Messi. Dia bahkan tidak memiliki strategi khusus untuk mengawal pergerakan La Pulga yang sulit diprediksi. 

"Messi adalah pesepak bola yang hebat. Namun, tidak perlu strategi khusus menghentikan Messi. Anda tidak bisa mengontrol permainannya karena Messi sangat natural," katanya. 

"Kami hanya harus selalu kompetitif dan bermain dengan penuh kolektifitas. Pertandingan melawan Barcelona sangat penting karena mereka adalah tim yang fantastis," ujar Simeone.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Bayang-bayang Ronaldo

Messi memang fenomena. Pemain berusia 31 tahun tersebut mampu menyihir siapapun dalam setiap penampilannya. Dan semua itu bisa terlihat dari deretan trofi yang diraihnya. 

Sejak memperkuat Barcelona mulai tahun 2004 lalu, Lionel Messi sudah mengoleksi 8 gelar La Liga, 5 gelar Copa de Rey, hingga 4 gelar Liga Champions. Sedangkan untuk gelar individu, ayah dua anak tersebut sudah mengantongi 5 penghargaan Ballon d'Or. 

Namun membicarakan kehebatan Messi tentu saja tidak pernah lepas dari rivalitasnya dengan penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Sebaliknya, pencapaian pemain asal Portugal tersebut di lapangan hijau kerap dibandingkan dengan Messi. 

Secara keseluruhan, Ronaldo mengemas lebih banyak gol dari Messi. Hingga saat ini, CR7 sudah mengemas 638 gol. Namun itu wajar karena, Ronaldo lebih dulu merambah sepak bola profesional ketimbang Messi. Ronaldo mengawalinya lewat Sporting Lisbon 2002 lalu. 

Menariknya saat Messi menyentuh 600 gol, Ronaldo juga mencetak gol ke-300 di La Liga. Torehan ini diraih saat Real Madrid menang 3-1 atas Getafe akhir pekan lalu. Dalam duel ini, Ronaldo mencetak dua gol, yakni saat injury time babak pertama dan menit ke-78. Seperti dilansir soccerladuma, Ronaldo kini telah mengemas 301 gol di pentas La Liga.  

Messi tentu saja sudah lebih dulu melewatinya. Namun Ronaldo terbilang lebih baik karena mampu mencatatkan gol ke-300 hanya dalam 286 laga. Sementara Messi lebih lambat, yakni 344 pertandingan. Namun perlu dicatat, Messi mengawali kariernya di La Liga saat baru berusia 17 tahun, dan sempat dua tahun menjadi pelapis di tim Blaugrana. 

Sementara Ronaldo merambah kompetisi tertinggi di Negeri Matador itu saat sudah matang bermain bersama Manchester United (MU). CR7 bergabung dengan Real Madrid 2009 lalu.  

 

 

Artikel Selanjutnya
Ketakutan Oblak soal Messi Jadi Nyata pada Laga Atletico Vs Barcelona
Artikel Selanjutnya
Menilik Sejarah, Barcelona Bakal Juara La Liga 2017-2018