Sukses

Pemain Belanda Ini Batal Gabung Napoli karena Sponsor

Napoli ingin kuasai 100 persen hak citra pemain atas sponsor yang dibawanya.

Liputan6.com, Naples - Playmaker Everton, Davy Klaassen, batal bergabung dengan pemuncak klasemen Serie A, Napoli. Transfer pemain asal Belanda itu kolaps karena perkara image rights (hak citra).

Napoli sejatinya sudah mencapai kesepakatan untuk merekrut Klaassen, Rabu (31/1/2018). Everton juga sudah mengizinkan pemain cadangannya itu pindah ke Serie A.

Atas kegagalan transfer Klaasen ini, pelatih Everton, Sam Allardyce pun geleng-geleng.

“Saya melihat situasi yang sangat aneh,” ucap Allardyce terheran-heran, seperti dilansir Football Italia.

“Kontrak yang dia miliki dengan perusahaan olahraga adalah salah satu alasan kenapa dia batal hengkang. Kami kecewa, tapi dia mungkin jauh lebih kecewa dibanding kami karena dia gagal bermain untuk Napoli di Liga Italia,” Allardyce menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kuasai Hak Citra Pemain

Para pemain Napoli merayakan gol yang dicetak Marek Hamsik ke gawang Crotone pada laga Serie A Italia di Stadion Ezio Scida, Crotone, Jumat (29/12/2017). Crotone kalah 0-1 dari Napoli. (AFP/Carlo Hermann)

Sebelumnya, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis menegaskan bahwa pihaknya akan mengambil 100 persen hak citra Klaasen ketika mereka merekrutnya. Itu berarti, I Partenopei harus memutus seluruh ikatan kontrak sang pemain dengan sponsornya. Hal inilah yang diyakini menjadi penyebab kegagalan transfer Klaassen.

“Saya heran kenapa mereka tidak bisa mengatasi masalah ini,” Allardyce menambahi.

Untuk diketahui, klub-klub lain biasanya hanya akan mengambil 50 persen hak citra pemain, sedangkan sisanya tetap diberikan kepada pemain yang bersangkutan. Pemain akan mendapat royalti dari penggunaan citranya (wajah, dsb.) dalam iklan klub.

Sebagai contoh, sebuah klub yang disponsori oleh Adidas dapat menggunakan citra pemain yang disponsori oleh Nike untuk mengiklankan seragam baru mereka, sepanjang dalam iklan tersebut ada pemain lain dan hanya digunakan untuk mempromosikan klub.

 

3 dari 3 halaman

Gagal Bersinar di Everton

Gelandang Everton, Davy Klaassen, duel udara dengan bek Hajduk Split, Zoran Nizic, pada laga leg I play-off Liga Europa di Stadion Goodison Park, Jumat (18/8/20127). Everton menang 2-0 atas Hajduk Split. (AFP/Oli Scarff)

Adapun Klaassen bergabung dengan Everton pada musim panas lalu. Ia direkrut dari Ajax Amsterdam dengan nilai transfer 27 juta euro dan diikat dengan kontrak yang berlaku hingga Juni 2022.

Namun sayang, ia gagal bersinar dan sangat jarang dimainkan oleh Allardyce.

Musim ini, Klaasen baru dimainkan dalam 13 pertandingan di semua kompetisi dan hanya menyumbang satu assist bagi The Toffees. Khusus di Liga Inggris, ia baru mencatatkan empat penampilan dengan total durasi 189 menit.

(Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.