Sukses

5 Skenario Timnas Indonesia U-19 Menuju Semifinal

Tak hanya kemenangan atas Vietnam yang bisa membawa timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal.

Liputan6.com, Yangon - Duel vital bakal dijalani timnas Indonesia U-19 pada laga ketiga Grup B Piala AFF U-18 2017. Tim asuhan Indra Sjafri itu akan menghadapi Vietnam di Thuwunna Stadium, Myanmar, Senin (11/9/2017).

Laga melawan Vietnam jelas menjadi ujian berbeda bagi timnas Indonesia U-19 jika dibandingkan dengan laga-laga sebelumnya. Itu karena Vietnam adalah calon kuat juara Piala AFF U-19. Dan mereka pun sudah membuktikannya dalam dua laga awal.

Tim besutan Hoang Anh Tuan itu memuncaki klasemen Grup B dengan raihan enam poin. Pada laga pertama, mereka menghabisi Brunei 8-1. Lalu, mereka membantai Filipina lima gol tanpa balas.

Namun, timnas U-19 juga tak kalah hebat dari Vietnam. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menaklukkan tuan rumah Myanmar 2-1 pada laga perdana. Lalu, mereka mempermalukan Filipina sembilan gol tanpa balas.

Karenanya, timnas U-19 pun sudah lebih dekat dengan tiket semifinal Piala AFF U-18. Jika menang atas Vietnam, secara otomatis Garuda Nusantara minimal mengamankan posisi kedua Grup B. Itu karena timnas U-19 diuntungkan dengan pertarungan antara Myanmar dan Vietnam pada laga terakhir.



Namun, ada juga beberapa skenario yang akan membuat timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal. Berikut daftar lima skenario yang akan melapangkan jalan timnas U-19 ke semifinal Piala AFF U-18 2017:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Skenario

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Muhammad Iqbal, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Filipina U-19 pada laga Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Myanmar, Kamis (7/9/2017). Muhammad Iqbal telah mencetak 2 gol. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

1. Timnas U-19 menang atas Vietnam dengan skor berapa pun. Hasil laga melawan Brunei tak akan berpengaruh karena timnas U-19 diuntungkan dengan duel Myanmar melawan Vietnam.

2. Jika kalah, timnas U-19 wajib memenangi duel pamungkas melawan Brunei dengan skor telak. Lalu, mereka harus berharap Myanmar dan Vietnam saling mengalahkan pada laga terakhir.

3. Jika bermain imbang melawan Vietnam, timnas U-19 harus menang atas Brunei dengan skor berapa pun. Lalu, mereka juga harus berharap Myanmar dan Vietnam saling mengalahkan.

4. Jika bermain imbang melawan Vietnam dan Brunei, timnas U-19 tetap akan lolos jika Myanmar dan Vietnam saling mengalahkan.

5. Jika kalah dari Vietnam dan Brunei, timnas U-19 bisa tetap lolos dengan syarat Myanmar hanya bermain imbang melawan Filipina dan Vietnam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.