Sukses

Bungkam Australia, Jepang Lolos ke Piala Dunia 2018

Jepang selalu lolos ke putaran final sejak Piala Dunia 1998.

Liputan6.com, Saitama - Timnas Jepang menjadi negara kedua di Asia yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Kesuksesan itu didapat berkat kemenangan 2-0 atas Australia di Saitama Stadium, Kamis (31/8/2017).

Sebelumnya, Iran menjadi negara pertama Asia yang memastikan tempat di putaran final Piala Dunia 2018. Itu karena Iran mendominasi persaingan di Grup A Babak 3 kualifikasi zona Asia yang dihuni Korea Selatan, Uzbekistan, Syria, Qatar, dan Tiongkok.

Jika Iran berkuasa di Grup A, Grup B pun menjadi milik Jepang. Mereka memenangkan persaingan dengan Arab Saudi, Australia, Uni Emirat Arab, Irak, dan Thailand. Padahal, Jepang juga masih mengoleksi satu pertandingan sisa.

Saat melawan Australia, Jepang mampu membuka keunggulan berkat bantuan bek Inter Milan, Yuto Nagatomo. Pemain berusia 30 tahun itu menciptakan assist yang dimaksimalkan Takuma Asano di menit ke-41.

Butuh waktu lama bagi Jepang untuk mencetak gol kedua. Mereka harus menunggu hingga menit ke-82 ketika Yosuke Ideguchi memaksimalkan umpan Genki Haraguchi. Berkat kemenangan itu, koleksi 20 poin Jepang sebagai juara Grup A sudah tak mampu dikejar siapa pun.



Sukses lolos ke Piala Dunia 2018 membuat timnas Jepang mempertahankan tren positif. Sejak Piala Dunia 1998 di Prancis, mereka selalu lolos ke putaran final di setiap edisi.

Di lain pihak, Australia tetap masih memiliki peluang lolos langsung ke putaran final. Syaratnya, mereka harus mengalahkan Thailand pada laga terakhir Grup B. Jika finis di peringkat ketiga, Australia harus menjalani laga playoff melawan urutan ketiga Grup B dan pemenang akan melakoni laga playoff antarbenua melawan wakil CONCACAF.

Susunan Pemain:

Jepang: Kawashima; Yoshida, Nagatomo, Sakai, Shoji, Hasebe, Inui (Haraguchi 75), Ideguchi, Osako (Okazaki 87), Asano (Kubo 89)

Australia: Ryan; Spiranovic, Sainsbury, Smith, Milligan, Leckie, Luongo, Irvine (Amini 86), Rogic (Cahill 70), Troisi (Juric 61)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.