Sukses

Mohamed Salah Datang, Manajer Liverpool Pusing Pikirkan Formasi

Liverpool memecahkan rekor transfer klub demi mendapatkan Salah.

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengaku belum memikirkan formasi yang tepat untuk timnya musim depan, pasca The Reds memecahkan rekor transfer untuk Mohamed Salah.

Posisi Salah adalah winger kanan. Masalahnya, musim lalu posisi itu ditempati Sadio Mane yang tampil sangat baik dan mencetak 13 gol untuk Liverpool di Liga Inggris. Salah sendiri menyumbangkan 15 gol dari posisi itu di Serie A bersama AS Roma.

Yang pasti, dengan kedatangan Salah, Klopp jadi lebih memiliki banyak opsi di Liverpool. "Secara taktik, kami menjadi lebih fleksibel. Ini tergantung siapa yang ada dan kapan. Kami juga akan mengenalkan sistem yang berbeda," kata Klopp di situs resmi klub.

"Pada 2015-16, kami memainkan sebagian besar pertandingan dengan formasi 4-2-3-1. Pada 2016-17 kami sering memakai formasi 4-3-3 atau 4-5-1. Menurut pendapat kami, ini cocok dengan pemain yang kami miliki. Saya tidak yakin ke arah mana kami harus bermain tahun depan, akan ada beberapa skenario yang berbeda."

Media-media Inggris melaporkan bahwa Klopp berencana menggeser Mane jadi sayap kiri Liverpool dalam formasi 4-3-3. Sementara Philippe Coutinho yang musim lalu menempati posisi itu bakal digeser sebagai gelandang tengah. Adapun posisi penyerang tengah tetap ditempati Roberto Firmino. 

"Yang jelas, kami akan mempersiapkan diri untuk sepak bola Eropa, jadi kami membutuhkan skuat yang lebih besar. Biasanya Anda selalu ingin mengambil langkah berikutnya untuk tahun depan. Anda harus melihat bagaimana keadaan dan saat pemain baru masuk," Klopp menambahkan.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.