Sukses

Essien-Cole Gabung, Ini 3 Pilihan Formasi Persib Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung telah mengumumkan komposisi skuatnya pada Minggu (2/4/2017). Acara tersebut berlangsung meriah.

Ribuan bobotoh berkumpul di Stadion Siliwangi untuk menyaksikan peluncuran tim kebanggaan mereka. Di acara itu, dua marquee player Persib: Michael Essien dan Carlton Cole juga hadir.

Untuk musim kompetisi 2017, Persib memiliki 25 pemain. Rinciannya, 3 kiper, 7 pemain bertahan, 10 pemain gelandang, dan 5 striker.

Boleh dibilang, skuat Persib cukup punya kedalaman skuat yang mumpuni, terutama di sektor gelandang. Kini tinggal bagaimana Pelatih Djadjang Nurdjaman meramu skuatnya.

Liputan6.com menganalisis setidaknya Persib punya tiga pilihan formasi. Berikut ulasannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. 4-2-3-1

Djanur bisa memakai pola 4-2-3-1 di musim kompetisi 2017. Djanur diprediksi tak bakal mengubah banyak komposisi pemain belakang. Ini karena mayoritas pemain baru yang direkrut merupakan gelandang dan pemain depan.

Di belakang, kuartet Supardi, Tony Sucipto, Vladimir Vujovic, dan Ahmad Jufriyanto sepertinya masih jadi andalan. Untuk pemain pelapis, Djanur punya bek muda, Henhen, Wildansyah, dan Jajang Sukmara.

Michael Essien bisa ditemani oleh Hariono, Raphael Maitimo atau Kim Kurniawan sebagai dua gelandang tengah. Sementara, pilihan untuk gelandang sayap akan jatuh pada Atep, Febri Haryadi atau Tantan.

Posisi sebagai gelandang tengah untuk membantu serangan bisa ditempati oleh Matsunaga Shohei. Pemain asal Jepang ini sejatinya striker, namun melihat sosok Carlton Cole dan Sergio van Dijk, Matsunaga tampaknya harus rela berubah peran.

Posisi striker akan jadi rebutan Sergio van Dijk dan Carlton Cole. Dua striker ini kebetulan memiliki tipe permainan yang mirip: tak cepat, tapi oportunis di depan gawang.

3 dari 4 halaman

2. 4-3-3

Pilihan lain adalah pola 4-3-3. Djanur bisa memainkan trio Hariono, Essien dan Raphael Maitimo sekaligus. Hariono dan Essien akan berkonsentrasi membantu pertahanan, sementara Maitimo akan mengatur tempo permainan.

Atep dan Febri Haryadi akan dimajukan menjadi striker sayap. Hanya, untuk Febri, ia akan bersaing dengan Matsunaga dan juga Tantan yang bisa menempati posisi striker sayap.

Mereka akan menyuplai bola-bola matang pada Cole atau Van Dijk yang punya postur tinggi. Alhasil, serangan Persib tampaknya akan lebih terkonsentrasi di sisi sayap.

4 dari 4 halaman

3. 4-4-2

Menduetkan Van Dijk dan Cole juga tetap bisa dilakukan Djanur. Meskipun, kedua pemain ini punya karakteristik permainan yang hampir mirip.

Keduanya bisa saling bergantian menempati kotak penalti lawan. Hal ini bisa membuat lini pertahanan lawan Persib kebingungan.

Sementara, Matsunaga dan Tantan bisa jadi alternatif. Djanur juga bisa menduetkan Matsunaga dan Van Dijk, atau Matsunaga dan Cole. Juga Tantan dengan Cole atau Tantan dengan Cole.

Di sisi lain, Essien akan menempati satu pos gelandang di tengah. Satu posisi gelandang di tengah lain akan diperebutkan Hariono, Maitimo dan Kim Kurniawan. Di posisi gelandang kanan dan kiri, Atep, Febri Haryadi tetap jadi pilihan utama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS