Sukses

5 Pemain Nomor Punggung 10 Terbaik

Sosok yang dipercaya mengenakan nomor 10 merupakan pemain istimewa.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Pemakai nomor punggung 10 bisa dibilang sebagai pemain spesial. Nah, dari sekian banyak ada lima nama yang dianggap sebagai pemakai nomor 10 terbaik.

Bila mendengar dan melihat pemain bernomor 10, Anda pasti langsung membayangkan soal kehebatan. Bukan tanpa alasan, pemain bernomor punggung ini bisa dianggap sebagai motor serangan tim.

Awalnya, pemain bernomor 10 dipakai oleh striker bayangan. Namun, seiring berkembangnya sepak bola, pemain yang gunakan nomor ini juga biasanya didapuk jadi playmaker untuk mengatur ritme.

Siapapun yang mengenakan nomor keramat ini bukanlah pemain sembarang.

Lantas, siapa saja pemilik nomor punggung 10 terbaik? Berikut lima nama terdepan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Zico

Zico. (Fantasista 10)

Pemain yang dijuluki The White Pele ini merupakan salah satu playmaker terbaik di sepak bola. Visi bermainnya dan finishing brilian menghiasi kariernya bersama timnas Brasil era 1970-an dan awal 1980-an.

Selama periode ini, dia dianggap sebagai pemain terbaik di dunia. Tim Brasil yang ada saat itu memang punya skuat emas.

Zico dianggap sebagai pemimpin skuat emas itu. Namun, dia tetap menjadi salah satu pemain terbaik yang tak pernah memenangi Piala Dunia.

3 dari 6 halaman

Zinedine Zidane

Zizou tentu sangat melegenda di Eropa. Saat masih bermain, Zidane pernah membawa Timnas Prancis menjuarai Piala Dunia untuk yang pertama kalinya.

Zinedine Zidane. (AFP/Guillaume Baptiste)

Untuk level klub, Zizou memenangi gelar La Liga bersama Real Madrid dan dua titel Seri A bersama Juventus. Zidane terpilih sebagai pemain terbaik dunia FIFA sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 1998, 2000 dan 2003

Legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano pernah menggambarkan sosok Zizou. Dia berkata, "Zidane sudah terlihat sangat berharga ketika akan masuk stadion. Dia punya aura dan sesuatu."

4 dari 6 halaman

Pele

Michel Platini suatu saat pernah mengatakan, "untuk bermain seperti Pele seperti bermain bersama Tuhan". Dia adalah superstar pertama yang lahir di sepak bola dunia.

Berbicara soal Pele tentu tak ada habisnya. Dia selalu mengenakan nomor 10 untuk Brasil dan berhasil memenangkan tiga gelar Piala Dunia.

Pele. (Ist)

Pele disebut-sebut sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Bahkan, Pele dijuluki sebagai raja sepak bola. Sebuah sanjungan istimewa mengingat skuat Brasil pada eranya punya kualitas tinggi. 

5 dari 6 halaman

Diego Maradona

Diego Maradona. (Vivadiego)

Maradona bisa dibilang lebih dari seorang pesepak bola. Dia adalah seorang penyelamat negaranya, Napoli, dan Boca Juniors. Maradona seperti anugerah terindah yang Tuhan ciptakan untuk sepak bola.

Saat masih aktif bermain, Maradona mengenakan jersey bernomor 10. Dia banyak mencetak gol ajaib. Termasuk gol abad ke-20 ketika melawan Inggris pada Piala Dunia 1986.

Napoli bahkan sampai mempensiunkan nomor 10 untuk menghormati jasa Maradona. Visinya mencetak gol dan berhasil memenangkan Piala Dunia untuk Argrntina pada 1986 merupakan capaian terbaiknya.

6 dari 6 halaman

Lionel Messi

Sihir pemain asal Argentina ini seperti tidak pernah ada habisnya. Bersama Barcelona, Lionel Messi menjelma jadi pemain terhebat di planet ini.

Seperti mustahil bagi pemain manapun untuk merebut bola dari kedua kakinya. Kecepatan, kekuatan tendangan kaki kiri, serta kelihaian mengeksekusi tendangan bebas jadi senjata pemain berjuluk La Pulga itu.

Salah satu bukti kehebatan Messi diperlihatkan ketika mengantarkan Barcelona  meraih sukses sensasional dengan memenangkan enam trofi sekaligus pada 2009. Semua gelar di level klub maupun individu pernah diraihnya, termasuk lima gelar Ballon d'Or. (I. Eka Setiawan)

Lionel Messi. (Reuters/Cristiane Mattos)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini