Sukses

Masih Ada Peluang bagi Webb

Peluang wasit asal Inggris, Howard Webb untuk menjadi pengadil partai final PD 2010 masih terbuka. FIFA memberi konfirmasi Webb masuk dalam 10 wasit yang tetap siaga sampai turnamen berakhir.

Liputan6.com, Johannesburg: Peluang wasit asal Inggris, Howard Webb untuk menjadi pengadil partai final PD 2010 masih terbuka. FIFA memberi konfirmasi Webb masuk dalam 10 wasit yang tetap siaga sampai turnamen berakhir. Kans Webb yang semula diperkirakan telah menipis seiring dengan keputusan FIFA yang tidak menugaskannya di babak perempat final, mulai kembali terbuka. Pasalnya, FIFA pun tidak memberikan tugas pada Webb untuk menjadi pengadil di babak semifinal.

Seperti yang dilansir di laman resminya, FIFA menugaskan wasit terbaik Asia asal Uzbekistan, Ravshan Irmatov, untuk menjadi pengadil di laga semifinal pertama antara Uruguay dan Belanda yang akan berlangsung di Cape Town Stadium, Cape Town, Selasa (6/7) malam waktu setempat. Untuk partai semifinal yang kedua antara Jerman versus Spanyol yang akan digelar di Moses Mabhida Stadium, Durban, FIFA memberi kehormatan kepada wasit asal Hungaria, Viktor Kassai.

Diperkirakan FIFA akan merilis secara resmi wasit yang akan bertugas di babak final di Soccer City, Johannesburg, 11 Juli mendatang, pada Kamis (8/7) atau Jumat (9/7). Peluang Webb untuk terpilih kian besar mengingat FIFA hampir mustahil menugaskan Irmatov dan Kassai menjadi wasit di partai puncak. FIFA “mengharamkan” seorang wasit memimpin semifinal dan final sekaligus.

Di lain pihak, peluang Webb pun bisa jadi justru tertutup mengingat tiga dari empat tim semifinalis kali ini berasal dari Benua Eropa. Namun, FIFA pernah menunjuk wasit Pierluigi Collina dari Italia untuk memimpin pertandingan antara Brasil dan Jerman di final PD 2002.(MEG/Guardian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.