Sukses

Alasan Utama Van Gaal Memutuskan Pensiun

Van Gaal memutuskan tak akan melatih lagi dengan alasan keluarga

Liputan6.com, Manchester - Louis van Gaal telah mengkonfirmasi bahwa dia tidak mungkin untuk kembali melatih.  Pelatih asal Belanda ini, mengakhiri kariernya dengan alasan utama masalah keluarga.

Karier Van Gaal sebenarnya cukup cemerlang. Dia pernah melatih klub raksasa Eropa, seperti Barcelona, ​​Bayern Muenchen, Manchester United dan Ajax. Sedang di level timnas, Van Gaal  membawa Belanda ke tempat ketiga Piala Dunia 2014.

"[Setelah Manchester United], saya pikir saya akan berhenti, tapi kemudian saya kemudian berubah ke cuti panjang - tapi sekarang saya tidak berpikir saya akan kembali ke pelatihan," kata Van Gaal.

Seperti diketahui, Van Gaal dipecat MU karena dinilai tak mampu mengangkat tim. Dia diberhentikan hanya dua hari setelah sukses mengalahkan Crystal Palace.

Mengenai kesempatan untuk melanjutkan kariernya di luar negeri, Van Gaal menambahkan: "Saya bisa pergi ke sana, tapi aku masih di sini. Begitu banyak yang terjadi di keluarga saya."

Sebetulnya, tanda-tanda bakatnya menjadi pelatih sudah jelas dari awal. Van Gaal memenangkan tiga gelar Eredivisie berturut-turut bersama Ajax dan mengklaim Liga Champions pada tahun 1995.

Kemudian, Van Gaal melatih Barcelona, dan Muenchen, bahkan sempet memberikan keistimewaan bagi publik di Old Trafford usai mempersembahkan Piala FA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.