Sukses

10 Fakta Menarik Usai Indonesia Takluk dari Vietnam

Ini kekalahan pertama timnas dari 8 duel terakhir lawan Vietnam.

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Indonesia harus menelan pil pahit dalam laga uji terakhirnya jelang Piala AFF 2016. Mereka dipaksa menyerah 2-3 oleh tuan rumah Vietnam di Stadion My Dinh, Selasa (8/11/2016) malam WIB. Banyak fakta menarik usai kekalahan ini.

Skuat Garuda sebenarnya sempat unggul terlebih dahulu lewat gol dari Boaz Solossa pada menit ke-32. Namun, Le Cong Vinh sukses menyamakan kedudukan beberapa saat jelang turun minum.

Indonesia kembali unggul setelah Irfan Bachdim mencetak gol dari titik putih pada menit ke-51. Namun, dua gol dari Nguyen Cong Phuong dan Nguyen Van Toan bikin Vietnam berbalik unggul.

Kekalahan ini sendiri merupakan yang pertama dalam 8 pertemuan terakhir. Tentu ini jadi evaluasi berharga bagi Alfred Riedl untuk memoles timnas lagi di Piala AFF 2016.

Untuk itu Liputan6.com mencoba menyimpulkan beberapa fakta menarik dari laga itu. Berikut fakta menariknya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik

1. Ini adalah hasil kemenangan pertama dalam enam pertemuan terakhir. Sebab, dari lima laga sebelumnya Indonesia dan Vietnam memang selalu menyudahi laga dengan sama kuat.

2. Ini adalah kekalahan pertama Indonesia dari Vietnam. Kekalahan terakhir Indonesia terjadi pada pertemuan di SEA Games 1999 di Brunei Darussalam dengan skor 0-1.

3. Vietnam memang jadi tempat angker bagi Indonesia. Sejak 2008 lalu, Skuat Garuda tak pernah meraih kemenangan di Stadion My Dinh.

4. Skor 3-2 juga menandakan kalau kedua tim selalu mencetak minimal dua gol dalam tiga pertemuan terakhirnya.

5. Le Cong Vinh memang bisa dibilang akrab dengan gawang Indonesia. Pada pertemuan di Piala AFF 2016 di tempat yang sama, dia juga cetak gol ke gawang Kurnia Meiga.

6. Setiap kali diturunkan dalam laga uji coba, Irfan Bachdim selalu cetak gol. Total dari tiga pertandingan bersama timnas, dia cetak empat gol.

7. Boaz Solossa kini sudah membobol gawang tujuh negara berbeda. Mereka yang dibobol Bochi, adalah Laos, Vietnam, Malaysia, Oman, Urugay, Arab Saudi, dan Tiongkok.

8. Timnas Vietnam baru menderita satu kekalahan dari 10 partai terakhir mereka. Kekalahan itu diderita dari Irak pada Maret lalu dengan skor 0-1.

9. Stefano Lilipaly cukupbaik dalam pertandingan pertamanya jelang Piala AFF 2016. Menurut statistik Labbola, dia mencatatkan 28 passing, 20 sukses, delapan di antaranya gagal. Selain itu, dia melakukan satu tendangan on target, dua tackle sukses, dan satu intersep.

10. Gol Bachdim di babak kedua adalah yang pertama kali diciptakan timnas dalam empat laga uji coba. Sebelumnya, Indonesia tak pernah mencetak gol di babak kedua.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF