Sukses

5 Bintang Ini Tolak Tawaran Bergabung dengan Barcelona

Dari Ronaldo, Thiago Silva, hingga Del Piero pernah menolak pinangan Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor mengenai kabar tentang hengkangnya Luis Suarez dari Barcelona membuat kuping Josep Maria Bartomeu memerah. Saking kesalnya dengan pemberitaan media di Eropa, Presiden Barcelona itu sampai menggelar konferensi pers untuk menepis kabar tersebut. Tujuannya untuk memagari Suarez dari godaan klub besar di Eropa.

"Kami membaca, kami mendengar, kami melihat berita tersebut, tapi pastinya, perhatian kami pada kasus ini adalah Suarez bahagia di Barcelona. Kami berusaha untuk memperpanjang kontraknya dengan klub," tutur Bartomeu kepada Sky Sports.

Terlepas dari rumor mengenai kepindahan Suarez. Ada secuil pertanyaan yang menggelayuti pikiran penggemar sepak bola di dunia, mengapa pemain berkebangsaan Uruguay itu, jika benar, rela meninggalkan klub yang telah mendongkrak popularitasnya ketika ia sedang dalam keterpurukan.

Padahal setiap pemain bermimpi untuk tampil bersama Lionel Messi dan kawan-kawan.

Namun, tahukah Anda jika ada beberapa pemain yang pernah menolak untuk bergabung dengan The Blaugrana. Penasaran ingin tahu siapa saja bintang sepak bola yang menolak bergabung dengan Barcelona?

Berikut lima pemain yang dikabarkan pernah menolak bergabung dengan Barcelona seperti dikutip Sportskeeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cristiano Ronaldo

Bayangkan jika Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berada di tim yang sama, mungkin klub yang dibelanya tersebut akan sulit untuk dikalahkan. Tapi mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson punya cara lain untuk mencegah agar hal itu tak terjadi.

Saat menjabat sebagai pelatih MU, Ferguson sudah banyak kehilangan pemain andalannya ketika Real Madrid menawarkan transfer dan gaji tertinggi untuk klub. Adalah David Beckham, Ruud van Nistelrooy dan Gabriel Heinze yang akhirnya tergoda dengan tawaran tersebut. Tapi ketika berbicara tentang Ronaldo, itu merupakan situasi yang sangat berbeda.

Ferguson diketahui pernah mencoba untuk memberikan Ronaldo pilihan untuk bergabung dengan Barcelona ketimbang Madrid. Namun saat itu pemain berkebangsaan Portugal menolaknya dan ia lebih tertarik berada di Santiago Bernabeu.

3 dari 6 halaman

2. Rio Ferdinand

Kalau Ronaldo memilih meninggalkan Old Trafford ke Real Madrid pada 2014, lain halnya dengan Rio Ferdinand. Ya, pemain jangkung asal Inggris diketahui pernah dilamar Barcelona.

Barcelona menyadari bahwa pertahanan mereka sangat keropos, sehingga keberadaan Ferdinand bisa menjadi solusi klub untuk mengatasi masalah tersebut. Sayangnya, saat itu mantan pemain Manchester United sangat setia dengan Setan Merah.

Padahal saat itu ada beberapa klub besar yang tertarik untuk mendatangkan Ferdinand. "Saya pernah berbicara dengan Roma, Real Madrid, dan Barcelona pada satu waktu. Tapi ketika saya masih di Manchester United saya banyak memenangkan gelar. Sehingga pikiran saya saat itu tidak pernah berubah dan tetap bertahan yakni bertahan dan tidak berniat bergabung dengan klub lain."

4 dari 6 halaman

3. Alessandro Del Piero

Tak hanya pesepak bola dari tanah Ratu Elizabeth saja yang menolak merumput bersama Barcelona. Alessandro Del Piero diketahui pernah mengabaikan tawaran dari klub tersebut.

Del Piero disebut sebagai ikon Juventus lantaran ia menghabiskan kariernya selama 19 tahun berada di Turin dengan mencetak 700 penampilan bersama Si Nyonya Tua. Di tengah popularitasnya ternyata ia pernah mendapatkan tawaran dari berbagai klub top di Eropa.

Pada tahun 2012 misalnya, saat itu agen Del Piero menegaskan jika sang pemain telah menolak dua tawaran sekaligus dari Barcelona dan Manchester United. "Del Piero adalah Juventus, Selama berada di puncak kariernya, ia menolak bergabung dengan Manchester United dan Barcelona," ujar Claudio Pasqualin, saat itu.

5 dari 6 halaman

4. Gianluigi Buffon

Label kiper termahal di dunia pernah direbut Buffon pada tahun 2001 ketika ia sepakat dengan nilai transfer 39 juta euro untuk pindah ke Juventus dari Parma. Tapi tahukah Anda di saat yang bersamaan ternyata Barcelona juga tertarik untuk mendatangkan kiper asal Italia tersebut.

Namun setelah berdiskusi dengan ayahnya, Buffon akhirnya memutuskan untuk tetap berada di Negeri Pizza. Dan ia mengesampingkan tawaran Barcelona.

"Saya bisa bergabung dengan Barcelona pada tahun 2001. Namun, saya memutuskan untuk bergabung dengan Juventus setelah berdiskusi dengan ayah saya dan saya masih bersyukur untuk itu. Berada di Juventus adalah pengalaman yang unik dan telah membawa saya banyak kepuasan.

6 dari 6 halaman

5. Thiago Silva

Mungkin terdengar aneh ketika mengetahui ada pemain yang menolak tawaran dari klub terbaik di dunia. Tapi itulah kenyataannya dan Silva adalah pemain terakhir pada bagian ini yang pernah menolak bergabung di Camp Nou.

Pemain yang pernah merumput bersama AC Milan bahkan diketahui menolak godaan Barcelona sebanyak dua kali. Itu terjadi ketika masih membela I Rossoneri dan Paris Saint Germain (PSG).

Hal itu terungkap dalam sebuah wawancara dengan salah satu media. Di mana saat itu bek tengah Brasil mengatakan, itu adalah keputusan yang sulit untuk menolak tawaran Barcelona.

"Saya tidak pernah merahasiakan bahwa Barcelona adalah salah satu klub yang saya kagumi sejak masih kecil. Saya berharap awalnya saya bisa bermain untuk Barcelona. Tapi pada akhirnya hidup itu adalah pilihan dan terkadang semua orang dihadapi dengan keputusan sulit meskipun itu adalah mimpi kecil Anda."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.
    Luis Alberto Suárez Díaz adalah pesepak bola profesional Uruguay yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Uruguay.

    Luis Suarez