Sukses

4 Pemain Remaja MU yang Berpotensi Jadi Bintang

MU saat ini punya cukup banyak stok pemain muda berbakat yang siap diorbitkan ke tim senior.

Liputan6.com, Manchester- Manchester United pernah melahirkan banyak pemain bintang dari tim akademi mereka pada era 1990-an. Pencinta bola tentu masih ingat dengan Class of 92. Saat itu MU mampu mencetak pemain-pemain hebat macam David Beckham, Ryan Giggs, Paul Scholes, Nicky Butt, hingga Gary Neville.

Namun sejak tahun 2000-an, MU sulit mencetak pemain bintang dari tim akademi. Setan Merah jarang memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk dipromosikan ke tim utama. MU lebih memilih membeli pemain berharga mahal.

Akibatnya, banyak talenta berbakat MU yang kabur dari Old Trafford karena tak yakin bakal sering dimainkan. Sebut saja Paul Pogba dan Michael Keane.

Empat tahun lalu Pogba pindah ke Juventus dengan menolak memperpanjang kontraknya. Bersama Juventus, Pogba bersinar dan menjelma menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia. MU pun akhirnya membeli kembali Pogba musim panas lalu dengan memecahkan rekor transfer termahal di dunia.

Sedangkan Keane musim ini bersinar bersama Burnley. Kehebatan Keane mengawal pertahanan Burnley membuat Chelsea kepincut dan berniat membelinya di bursa transfer Januari nanti.

Sejak berakhirnya era Sir Alex Ferguson, manajemen MU mulai berusaha membenahi tim akademi. Nicky Butt dipercaya memimpin proyek tim akademi. MU juga membajak banyak pemain berbakat untuk dibina di tim junior.

Tak hanya itu, beberapa pemain berbakat mulai sering dimainkan di tim utama. Antara lain Adnan Januzaj, Timothy Fosu-Mensah hingga yang terbaru Marcus Rashford.

Klub milik keluarga Glazers itu sebenarnya memiliki banyak talenta berbakat yang siap diorbitkan ke tim utama. Siapa saja wonderkid MU yang berpeluang jadi bintang besar? Simak ulasannya di halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tahith Chong

1. Tahith Chong

Tahith Chong merupakan pesepak bola berbakat Belanda. MU membajak Chong dari Feyenoord Rotterdam Juli lalu. Chong dipercaya sebagai kapten tim U-17 MU.

Chong berposisi sebagai winger kiri. Meski baru berusia 16 tahun, MU berniat mempromosikan Chong ke tim U-21 dalam waktu dekat ini. Kesempatan dipromosikan ke tim U-21 yang membuat Chong tertarik bergabung bersama Setan Merah.

"Saya akan memulai petualangan di Manchester bersama tim A1 (akademi) dan mungkin kadangkala ambil bagian bersama tim U-21 MU," tutur Chong saat diwawancarai FR12.nl.

3 dari 5 halaman

2. Angel Gomes

2. Angel Gomes

Angel Gomes merupakan salah satu permata di akademi MU. Bakat luar biasa Gomes membuatnya sering dimainkan di kelompok umur yang seharusnya. Dia sudah melakukan debut bersama tim U-18 MU pada usia 14 tahun.

Dia juga sangat tajam meski berposisi sebagai gelandang serang. Gomes menjadi pemain termuda yang mencetak hattrick di tim akademi MU. Saat itu Gomes baru berusia 15 tahun 11 bulan.

Gomes mulai bergabung dengan tim akademi MU tahun 2014. Kehebatan Gomes membuatnya sudah dipercaya menjadi kapten timnas U-17 Inggris.

4 dari 5 halaman

3. Callum Gribbin

3. Callum Gribbin

Nama Gribbin mencuri perhatian penggemar MU pada Agustus lalu. Griffin tampil menawan ketika Setan Merah bertemu Barcelona di ajang Otten Cup. Dalam laga yang dimenangi MU 2-1 itu, Gribbin mencetak gol spektakuler.

Pemain kelahiran Salford itu meliuk-liuk melewati pemain bertahan Barcelona U-19 sebelum menceploskan bola ke gawang. Aksi Gribbin ini dinilai mirip dengan solo-run yang kerap dilakukan Lionel Messi.

Gribbin berposisi sebagai penyerang. Saat masih berusia 16 tahun, Gribbin sudah dimainkan MU di tim U-21 pada musim 2014/2015 lalu.

5 dari 5 halaman

4. Axel Tuanzebe

4. Axel Tuanzebe

Axel Tuanzebe mulai dipromosikan ke tim utama MU di pengujung musim lalu di era kepelatihan Louis van Gaal. Tuanzebe berposisi sebagai pemain bertahan.

Meski termasuk pemain yang dipromosikan Van Gaal, Jose Mourinho tetap memakai tenaganya di tim senior pada musim 2016/2017. Tuanzebe diturunkan Mourinho di laga pramusim di Tiongkok.

Pemuda 18 tahun itu juga beberapa kali disertakan dalam skuat MU. Tuanzebe mungkin saja akan mendapat kesempatan debut di Liga Inggris musim ini. Pasalnya MU sedang krisis pemain bertahan setelah Eric Bailly cedera dan harus absen dua bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

Video Terkini