Sukses

3 Klub Indonesia Paling Ganas di Kandang Lawan

Tiga klub ini malah bisa berpesta gol di kandang lawan.

Liputan6.com, Jakarta Bermain di kandang lawan dalam ajang Torabika Soccer Championship (TSC), presented by IM3 Ooredoo tidaklah mudah. Jangankan meraih kemenangan, bisa mendapat satu angka saja sudah menjadi prestasi gemilang.

Tengok saja kiprah Semen Padang, Persija Jakarta, PS TNI, dan Barito Putera. Mereka seolah ditakdirkan tak bisa meraih kemenangan di kandang lawan. Hingga pekan ke-21 Torabika Soccer Championship 2016, keempat klub tersebut belum bisa menang dalam laga tandang.

Pencapaian terbaik adalah seri. Semen Padang dalam 11 laga tandang 3 kali seri dan 8 kalah. Persija Jakarta 6 seri dan 5 kali kalah. Sedangkan PS TNI 3 kali seri dan 7 kalah. Sementara itu, Barito 3 kali imbang dan 8 mengalami kekalahan.

Meski begitu, bagi sebagian tim, bermain tandang justru membuat mereka memiliki motivasi tinggi. Meski bermain di hadapan ribuan suporter tuan rumah, mereka tak gentar dan justru merasa nyaman.

Itu terlihat dari jumlah kemenangan mereka dalam partai tandang. Di TSC 2016 ada 3 tim yang paling sering menang dalam partai tandang. Siapa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bhayangkara FC

Kemenangan mengejutkan diraih Bhayangkara FC pada pekan ke-21. Pasalnya, mereka mampu menang dengan skor 4-0 di kandang Sriwijaya FC. Bhayangkara FC menjadi tim pertama yang mengalahkan Sriwijaya di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.

Itu menjadi kemenangan tandang ke-6 bagi tim asuhan Ibnu Grahan tersebut. Mereka tercatat sebagai tim di TSC 2016 yang paling banyak menang dalam partai tandang. Total, dari 9 laga tandang, BFC menang 6 kali, seri 1 kali, dan hanya kalah 2 kali.

Bahkan, jumlah poin tandang BFC lebih tinggi saat bermain kandang. Sekadar info, dalam laga kandang, BFC hanya meraih 5 kemenangan, 2 seri, dan 4 kali mengalami kekalahan.

Laga Tandang: 9
Menang: 6
Seri: 1
kalah: 2
Selisih Gol: 16-10
Poin: 19
Total Poin: 36

3 dari 4 halaman

Persipura

Tim asal Papua ini juga dikenal garang saat bermain di kandang lawan. Hingga pekan ke-21, Mutiara Hitam telah menang 5 kali dalam laga tandang. Kemenangan terbesar di kandang Pusamania Borneo FC dengan skor 3-0.

Keberhasilan Persipura berada di posisi tiga besar tak lepas dari hasil apik di kandang lawan. Selama ini mental bermain tandang Mutiara Hitam memang sudah terbentuk. Jadi, para pemain tak akan gentar meski harus bermain di bawah tatapan ribuan pendukung tuan rumah.

Selain di kandang PBFC, Boaz Solossa cs menang di kandang Persela Lamongan, PS TNI, Bhayangkara FC, dan Bali United.

Laga Tandang: 11
Menang: 5
Seri: 3
Kalah: 3
Selisih Gol: 11-8
Poin: 18
Total Poin: 39

4 dari 4 halaman

Madura United

Tim kejutan di TSC 2016 ini bisa berada di puncak klasemen tak lepas dari keganasan mereka saat bermain tandang. Dari 10 lawatan ke kandang lawan, tim asuhan Gomes de Oliveira tersebut mampu menang 4 kali, 3 kali seri, dan 3 kali kalah.

Kemenangan-kemenangan Laskara Sape Kerrab terjadi di kandang PS TNI, Bhayangkara FC, Gresik United, dan Persija Jakarta. Kemenangan terbesar adalah melawan Persija dengan skor 3-0. Hanya saja, saat itu Persija menggunakan Stadion Gelora Bangkalan sebagai kandang untuk menjamu Madura United.

Hal ini menunjukkan bahwa Madura united bukanlah tim jago kandang. Mereka juga bisa galak di kandang lawan.

Laga Tandang: 10
Menang: 4
Seri: 3
Kalah: 3
Selisih Gol: 12-14
Poin: 15
Total Poin: 41

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.