Sukses

5 Pemain Afrika Terkaya di Dunia

Gelontoran gaji dari klub serta sponsor membuat para pemain Afrika ini masuk dalam deretan pemain Afrika terkaya di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Karier Emmanuel Adebayor boleh jadi tengah meredup setelah dicampakkan Tottenham Hotspur dan Crystal Palace. Namun bukan berarti kantong pemain asal Togo itu kosong melompong. Sebaliknya, Adebayor masih tercatat sebagai salah satu pemain Afrika terkaya. 

Bagi Adebayor, sepak bola telah mengubah kondisi finansialnya. Bahkan di Manchester City, Adebayor sempat menerima gaji hingga 268 ribu pound per pekannya. Wajar bila saat penggangguran usai didepak Spurs, Adebayor kerap pamer koleksi barang-barang mewahnya. 

Adebayor tidak sendiri. Sejak pertama kali menjejakkan kaki di kompetisi Eropa pada 1990, banyak pemain Afrika yang berubah kaya-raya. Kecepatan, kegigihan, dan kekuatan fisik yang dimiliki, membuat banyak klub yang rela membayar mahal demi mendapatkan jasa mereka. 

Apalagi beberapa dari pemain Afrika itu bahkan mampu berkiprah di klub-klub top Eropa. Tidak hanya sekedar 'numpang lewat' mereka turut berkontribusi dalam keberhasilan klub meraih trofi.

Selain bayaran tinggi dari klub, sponsor-sponsor pun berdatangan pada mereka. Alhasil, nama-nama pemain Afrika ini masuk ke dalam daftar pemain sepak bola asal Afrika terkaya di dunia.

Seperti dilansir Africa Ranking, berikut daftar 5 pemain sepak bola asal Afrika terkaya di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Michael Essien

5. Michael Essien

Michael Essien adalah pemain sepak bola Afrika termahal sepanjang sejarah. Rekor itu diciptakan Essien ketika dibeli Chelsea dari Olympique Lyon dengan harga 24,4 juta pound sterling atau Rp421 miliar pada tahun 2005.

Di Chelsea, pemain asal Ghana ini berhasil mendapatkan 2 titel juara Liga Inggris, 4 trofi Piala FA, 1 trofi Piala Liga, 1 trofi Community Shield, dan 1 trofi Liga Champions. Selama beberapa musim, dirinya terus menjadi pilihan utama di lini tengah The Blues.

Karena merupakan salah satu pilar utama, Essien pun mendapat gaji selangit dari Chelsea. Kini, Essien yang bermain di Panathinaikos diperkirakan memiliki kekayaan 25 juta Dollar Amerika atau Rp328 miliar.

3 dari 6 halaman

Emmanuel Adebayor

4. Emmanuel Adebayor

Kariernya memang tengah meredup setelah dicampakan Tottenham Hotspur dan Crystal Palace. Namun hal itu tak menghentikan Emmanuel Adebayor untuk masuk ke dalam daftar pemain asal Afrika terkaya di dunia.

Di masa keemasannya, Adebayor mendapatkan gaji luar biasa dari Manchester City. Kabarnya saat berkostum The Citizens, Adebayor mendapat gaji 268 ribu pound sterling per pekan atau Rp4,61 miliar.

Saat ini, kekayaan Adebayor ditaksir mencapai 27 juta Dollar Amerika atau Rp354 miliar. Memiliki harta sebanyak itu, pemain asal Togo ini pun tak lupa untuk beramal.

4 dari 6 halaman

Yaya Toure

3. Yaya Toure

Yaya Toure kerap disebut sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Itu tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, Yaya Toure hampir tak tergantikan di Manchester City selama beberapa musim.

Berkiprah di klub sekaya The Citizens -julukan ManCity- apalagi menjadi pilar utama membuat kantong Toure menebal. Disebut-sebut, Yaya Toure bisa mengantongi pendapatan hingga 15 juta Dollar Amerika per tahun.

Total, pemain asal Pantai Gading tersebut saat ini kabarnya bisa mengantongi pendapatan 65 juta Dollar Amerika atau Rp853 miliar. Wujud kekayaan itu setidaknya bisa dilihat dari merek mobil-mobil mewah yang dimiliki Toure, dimulai dari Mercedes Benz hingga Rolls Royce

5 dari 6 halaman

Didier Drogba

2. Didier Drogba

Didier Drogba meraup banyak uang ketika membela Chelsea dari 2004 hingga 2012. Ketajamannya di lini depan membuat Chelsea meraih beberapa trofi bergengsi.

Kompatriot Yaya Toure ini pun ditahbiskan sebagai salah satu striker paling berbahaya di dunia. Berhasil membangun reputasi demikian membuat klub yang ingin memakai jasa Drogba harus merogoh kocek dalam untuk menggaji sang bintang.

Salah satunya adalah Shanghai Shenhua. Klub asal Tiongkok ini rela mengeluarkan uang hingga 325 ribu pound sterling hanya untuk menggaji Drogba. Padahal, Drogba saat direkrut sudah berusia 32 tahun.

Kekayaan Drogba kabarnya mencapai 70 juta Dollar Amerika atau Rp919 miliar.

6 dari 6 halaman

Samuel Eto'o

1. Samuel Eto'o

Dengan total kekayaan mencapai 90 juta dollar Amerika atau Rp1,182 triliun, Samuel Eto'o dinobatkan sebagai pemain sepak bola asal Afrika terkaya di dunia.

Eto'o mencapai puncak kejayaan ketika berkostum Barcelona dan Inter Milan. Pemain asal Kamerun ini mampu menorehkan prestasi individu antara lain meraih topskor Piala Dunia Antarklub di tahun 2010.

Sederet prestasi itu jelas membuat reputasi dan pundi-pundi uang Eto'o meningkat. Di usia yang tak muda lagi, Eto'o bahkan masih sempat dibayar tinggi.

Di klub Rusia, Anzhi Makhachakala Teo'o meraup pendapatan 25 juta Dollar Amerika per tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini