Sukses

Ban Gundul Antar Marquez Juara di MotoGP Jerman

Ban gundul menjadi pilihan yang tepat buat Marc Marquez di MotoGP Jerman.

Liputan6.com, Sachsenring - Marc Marquez berhasil jadi juara di MotoGP Jerman, Minggu (17/7/2016). Dia berhasil menjadi yang tercepat meski sempat terseok-seok di lap awal.

Strategi yang tepat menjadi kunci kemenangan pembalap Repsol Honda itu. Selain itu, pemilihan ban gundul atau slick saat mengganti motor ketika trek mengering juga jadi penentu.

Seperti diketahui, balapan di Sachsenring diwarnai oleh perubahan lintasan yang cukup cepat. Diawali oleh hujan yang cukup deras tapi berhenti di tengah balapan.

Kondisi ini membuat para pembalap terpaksa ganti ban dan motor di tengah balapan, termasuk Marquez. Pembalap asal Spanyol itu bahkan menjadi pembalap tercepat yang ganti ban.

Ada pilihan antara ban intermediate atau slick. Namun, kata Marquez, timnya enggan gunakan ban intermediate saat balapan menyisakan 13 lap lagi.

"Tim kami tak mengenal ban intermediate. Kami pilih ban basah sampai ban kering atau slick. Kalau tidak bisa terjadi kebingungan. Bagi saya ban gundul adalah pilihan yang tepat," kata Marquez seperti dikutip crash.

"Saya ganti motor karena jauh dari podium. Saya ambil resiko karena saat itu trek belum benar-benar kering, ada tiga tikungan yang masih basah. Tapi sisanya, saya bisa geber motor seperti normal."

Begitu masuk kembali ke lintasan, Marquez menyodok ke posisi keenam. Saat Rossi cs masuk pitstop, dia kembali menyodok ke posisi dua sebelum menyalip Crutchlow dan Dovizioso.

"Ini balapan yang gila," kata Marquez, girang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini