Sukses

Thor Islandia dan Palu yang Siap Menghantam Si Ayam Jantan

Thor mencetak sejarah dengan membuat gol debut untuk Islandia di turnamen besar.

Liputan6.com, Paris - Dengan rambut  panjang pirang, gelandang Timnas Islandia, Birkir Bjarnason, tampil enerjik di lapangan. Karena bentuk fisiknya yang mirip dengan dewa petir dari mitologi Skandinavia, Bjarnason pun dijuluki Thor.

Sekilas Bjarnason terlihat seperti karakter yang juga menjadi superhero dalam kisah-kisah buatan Marvel itu. Ia gelandang yang dinamis dan punya stamina bagus, yang kerap menjadi elemen vital dalam pertandingan-pertandingan penting.

Baca Juga

  • Messi Pensiun, Ratusan Warga Argentina Turun ke Jalan
  • Unggul Jauh atas Rossi di Klasemen, Marquez Kalem
  • Kena Penalti, Posisi Start Rio Haryanto Melorot

Nama Bjarnason mencuat setelah golnya ke gawang Portugal membuat skor akhir menjadi 1-1 di laga pembuka penyisihan grup Piala Eropa 2016. Gol tersebut menjadi sejarah baru, karena itu adalah gol debut Islandia di turnamen besar seperti Piala Eropa.  

Perawakannya yang mirip Thor semakin membuat dia mencuri perhatian, baik media maupun pencinta sepak bola dunia. Belum lama ini, Bjarnason malah mendapat tawaran kontrak menjadi model dari merek fashion asal Inggris, ASOS.

Bjarnason lahir pada tanggal 27 Mei 1988 dan kini bermain di klub papan atas Swiss, FC Basel. Bjarnason memulai debut profesionalnya dengan FC Viking di Norwegia di tahun 2006. Selama lima musim berada di Norwegia, dia hijrah ke klub Belgia, Standard Liege.



Bersama Timnas Islandia, laga debut 'Thor' pada 2010 tak berakhir manis, karena dikalahkan Prancis 2-3. Sampai sekarang, Bjarnason sudah memiliki 47 caps dengan timnas Islandia.

Kendati berposisi sebagai gelandang, Bjarnason ternyata memiliki produktivitas gol yang cukup bagus. Sebelum golnya ke gawang Portugal di penyisihan grup Piala Eropa 2016, Bjarnason telah menyarangkan enam gol untuk tim berjuluk Our Boys tersebut.  

Dengan stamina yang dimilikinya, Bjarnason bakal menjadi senjata andalan Islandia kala menghadapi tuan rumah Prancis di perempat final Piala Eropa 2016, Senin (4/7/2016) dini hari WIB. Layaknya palu milik Thor, Bjarnason bisa menghantam Si Ayam Jantan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini