Sukses

5 Pemain Benalu di Skuat Liverpool

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Liverpool Jurgen Klopp pernah mengatakan kalau dirinya sangat mempercayai pemain-pemain yang peninggalan Brendan Rodgers, nakhoda The Reds yang dipecat pada September 2015.

Klopp memang tidak bergurau dengan ucapannya itu. Dia masih mengandalkan beberapa pemain yang didatangkan Rodgers, seperti Roberto Firmino, Adam Lallana hingga James Milner.

Firmino dan Milner merupakan pemain yang paling berpengaruh untuk The Reds. Firmino telah mencatatkan delapan gol di Liga Premier Inggris musim ini. Sementara Milner membuat tujuh assists.

Selain mereka, gelandang Jerman Emre Can juga menjadi andalan Klopp pada musim pertamanya di Inggris. Can adalah penyeimbang permainan dengan umpan-umpannya yang akurat. Tercatat,  1346 umpan berhasil dilepas Can dengan tingkat keberhasilan 81 persen.

Tapi, ada juga pemain yang sudah mulai dilupakan oleh Klopp. Bahkan, lima pemain yang dianggap benalu ini kemungkinan bakal meninggalkan Anfield pada bursa transfer musim panas mendatang. Siapa saja mereka? Simak di halaman selanjutnya!

2 dari 6 halaman

Christian Benteke

Christian Benteke

Christian Benteke bergabung dengan Liverpool dari Aston Villa pada awal musim ini. Dia sudah dimainkan sebanyak 25 pertandingan di Liga Premier Inggris.

Sayangnya, Benteke lebih banyak bermain sebagai pemain pengganti. Setidaknya Benteke menjadi pemain pengganti dalam 13 laga. Minimnya menit bermain membuat Benteke hanya bisa mencetak tujuh gol.

Striker berusia 25 tahun itu merasa bingung dengan kondisi yang dialaminya saat ini. Padahal, Klopp pernah meminta Benteke bergabung bersamanya saat masih melatih Borussia Dortmund.

"Klopp mengatakan dulu ingin membawaku ke Dortmund, tapi kemudian kami duduk di klub yang sama dan dia mengabaikanku. Sulit untuk memahami keadaan ini," katanya kepada Voetbalmagazine.

3 dari 6 halaman

Kolo Toure

Kolo Toure

Klopp kemungkinan besar bakal mendepak Kolo Toure dari Anfield Stadium pada bursa transfer mendatang. Bek asal Pantai Gading itu dinilai sudah tak bisa bersaing di Liga Premier Inggris.

Usia yang sudah 35 tahun membuat Kolo Toure kehilangan tempat di dalam skuat utama. Dia hanya tampil dalam 10 pertandingan Liga Premier Inggris musim ini. Bahkan, 5 di antaranya tampil sebagai pemain pengganti.

Peran kakak kandung Yaya Toure di lini pertahanan The Reds juga sudah tidak diperlukan. Kolo Toure hanya melakukan 32 clearances dan 18 intersep. Dia sudah kalah dengan Mamadou Sakho.

4 dari 6 halaman

Jordon Ibe

Jordon Ibe

Meski masih berusia 20 tahun, winger asal Inggris Jordon Ibe kemungkinan tak punya banyak kesempatan bersama Liverpool musim depan. Klopp punya banyak pemain berpengalaman yang bisa bermain sebagai Winger, seperti Firmino, Milner atau sang kapten Jordan Henderson.

Ibe bisa saja dipinjamkan ke klub Divisi Championships seperti Birmingham City, Derby Country atau Fulham. Dia bisa mendapat banyak kesempatan bermain jika dipinjamkan ke klub lain, ketimbang menjadi penghangat bangku cadangan.

Statistik Ibe sebagai pemain muda The Reds tahun itu tidak terlalu mengecewakan. Dia sudah bermain di Liga Premier Inggris dalam 21 pertandingan, dua di antaranya bermain selama 90 menit.

Dia seorang winger lincah. Ibe berhasil melewati lawan ketika menggiring bola sebanyak 43 kali dari 73 percobaan dengan tingkat keberhasilan sebesar 59 persen.

5 dari 6 halaman

Joe Allen

Joe Allen

Gelandang Wales Joe Allen bisa menjadi pemain pertama yang didepat Klopp dari Anfield Stadium pada bursa transfer musim panas mendatang. Sejak didatangkan dari Swansea City pada 2012, Allen tak bisa berkembang.

Pada musim ini, Allen sudah delapan kali bermain sebagai pemain pengganti dari 11 penampilan di Liga Premier Inggris bersama Liverpool. Sebagai gelandang, dia hanya mampu menciptakan enam peluang saja.

Bermain di lini tengah, Allen tak bisa menghentikan serangan lawan. Dari 19 tekel yang dilakukan Allen untuk menghentikan permainan lawan, hanya enam yang berhasil.

Dari 11 penampilan yang dia miliki musim ini, pria berusia 26 tahun itu hanya melepas 144 umpan. Allen menjadi salah satu pemain paling sedikit dalam memberikan umpan.

6 dari 6 halaman

Simon Mignolet

Simon Mignolet

Masalah utama Liverpool pada musim ini adalah kurang tangguhnya Simon Mignolet di bawah mistar gawang. Mignolet tercatat sudah kebobolan 37 gol dari 28 pertandingan Liga Premier Inggris.

Mignolet paling sering kebobolan dari permain terbuka. Setidaknya 23 gol telah bersarang di gawangnya akibat permainan terbuka lawan. Dia juga tak bisa mengantisipasi peluang lawan dari tendangan sudut. Buktinya ada 8 gol yang bersarang di gawang Liverpool bila terjadi tendangan sudut.

Kiper Timnas Belgia itu hanya mencatatkan 9 clean sheets. Mignolet hanya melakukan 37 penyelamatan di bawah tiang gawang The Reds. Dia hanya bisa menggagalkan satu tendangan penalti dari 3 sepakan yang mengancam gawangnya.

Bila dipertahankan, Mignolet bakal menjadi batu sandungan bagi Liverpool musim depan.