Sukses

Ahok Ditawari Bangun Sirkuit Bertaraf Internasional di Jakarta

Jika tak ada aral melintang, tahun ini bahkan sudah mulai pembangunan sirkuit.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kedatangan tamu dari Almeria, Spanyol. Tamu itu ialah pemilik International Circuito de Almeria, David Garcia‎.

Dalam pertemuan itu, Ahok ditawari kerjasama membangun sirkuit balap bertaraf internasional. Ahok mengatakan, sirkuit itu akan dibangun pada 2017. Jika tak ada aral melintang, tahun ini bahkan sudah mulai pembangunan sirkuit.

Menurut Ahok, pembangunan ini cukup ideal di Jakarta karena Indonesia tidak memiliki sirkuit berstandar internasional dengan segala fasilitasnya. Rencananya, sirkuit ini dibangun tak jauh dari kawasan bandara.

"Kami ingin sirkuit model yang saat orang duduk, mereka bisa nonton (balapan) semua. Kami juga akan bangun di dekat bandara, dan ingin PT Jakarta Propertindo juga membangun mall, hotelnya dekat situ, langsung ada sirkuitnya," kata Ahok.

Pembangunan ini menjadi pertimbangan yang cukup serius. Sehingga saat sirkuit benar-benar selesai dibangun, Indonesia bisa masuk jadwal balap sekelas MotoGP maupun F1.

"Kami ingin (sirkuit) dimasukkan di dalam jadwal event (balapan) internasional. Tahun 2017 harus jadi. Nilai bangun bisa mungkin mencapai Rp 2 triliun," pungkas dia.

Baca Juga:

Mancini: Kualitas Juve dan Inter Beda Tipis

Analisa Bos Chelsea Banyak Pemain "Layu Sebelum Berkembang"

Skuat Brasil Ternyata 'Titipan' Sponsor?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.