Sukses

5 Pemain Naturalisasi di Piala Dunia 2014

Sebelum Piala Dunia 2014 berlangsung, Costa masih berkewarganegaraan Brasil, bahkan ia sempat memperkuat timnas Brasil.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Oleh Arief Permana
 
Berkewarganegaraan ganda bukan hal yang aneh untuk pesepakbola, tapi untuk tampil di laga Internasional seperti Piala Dunia, mereka harus memilih salah satu negara yang akan ia bela. Sesuai peraturan FIFA, setiap pesepakbola masih diperbolehkan pindah membela negara berbeda bila belum memperkuat suatu negara di level senior.
 
Berikut 5 pemain  yang berganti kewarganegaraan yang negaranya tampil di Piala Dunia 2014:
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Januzaj lahir di Belgia dan tinggal di sana sampai ia berusia 16. Dia pun memenuhi syarat untuk masuk skuad timnas Belgia. 
 
Tapi pemain Manchester United orangtuanya berasal dari Kosovo-Albania, sehingga juga bisa memilih untuk mewakili Albania, atau bahkan Serbia karena status sengketa tanah orang tuanya dari Kosovo. Januzaj juga bisa memilih memperkuat Inggris. Beberapa bulan sebelum Piala Dunia 2014, Januzaj menjatuhkan pilihan kepada Belgia.
3 dari 6 halaman

2. Diego Costa

Striker Atletico Madrid Diego Costa telah membuat keputusan untuk berkewarganegaraan Spanyol. Costa menganggap Spanyol merupakan negara yang telah memberinya "segala sesuatu." Sebelum Piala Dunia 2014 berlangsung, Costa masih berkewarganegaraan Brasil, bahkan ia sempat memperkuat timnas Brasil.
 
Sayangnya Costa gagal bersinar di Piala Dunia 2014. Pemain yang sudah resmi dibeli Chelsea itu tidak mencetak satu gol pun.
 
4 dari 6 halaman

3. Miroslav Klose

Bomber Lazio Miroslav Klose lahir di kota Polandia Opole dari keluarga Polandia. Di usia delapan tahun, Klose memutuskan untuk bergabung dengan ayahnya di Jerman.
 
Ia pun memegang kewarganegaraan Jerman, sehingga membuatnya memenuhi syarat bermain untuk timnas Jerman. Ternyata Klose membuat pilihan yang tepat, kini ia menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Dunia bersama Jerman.
 
5 dari 6 halaman

5. Luis Nani

Pemain Arsenal berusia 29 tahun ini lahir di Polandia, tapi lebih memilih berkewarganegaraan Jerman.
 
Podolski jauh lebih bersinar bila main di level internasional ketimbang di klub. Saat ini ia menjadi skuad utama di timnas Jerman pada kompetisi Piala Dunia 2014 di Brasil.
 
6 dari 6 halaman

Nani lahir di Cape Verde (Tanjung Verde) dan beremigrasi ke Eropa bersama keluarganya pada usia dini. Ia dibesarkan di Portugal dan menjadi warga negara Portugal.
 
Nani memulai karier sepakbolanya bermain untuk klub lokal Real Massama setelah itu bermain untuk Sporting Lisbon dan hijrah ke Inggris untuk memperkuat Manchester United.
 
Nani lebih memilih membela timnas Portugal ketimbang tanah kelahirannya. Sebelum bermain di tingkat senior, ia bermain di U-21. Dia membuat debut senior internasional pada bulan September 2006 dan sekarang ia masuk skuad Portugal untuk Piala Dunia 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini