Sukses

Pengusaha: Perlu Perbaikan Diri Agar RI Tak Bangkrut

Pemerintah menilai Indonesia perlu berbenah mengelola sumber daya manusia untuk dapat terlepas dari jebakan pendapatan menengah.

Pengusaha menilai Indonesia perlu berbenah diri mengelola sumber daya manusia (SDM) untuk bisa terlepas dari jebakan pendapatan menengah (middle income trap). Hal tersebut akan mampu menghindari negara ini dari kebangkrutan seperti yang diperkirakan Analis Kebijakan Internasional, Kurt Avard.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi mengungkapkan, setiap negara mempunyai ancaman kebangkrutan apabila tak pandai mengelola sumber daya alam dan SDM dengan baik.

"Semua negara di mana-mana kalau tidak melakukan cara-cara yang benar, bisa bangkrut. Tapi kalau Indonesia yang bangkrut, itulah bodohnya kita. Masa begini besar dan kaya, bisa bangkrut," ujar Sofjan saat ditemui sebelum acara Indonesian Fashion Week 2014 di JCC, Kamis (20/2/2014).

Lebih jauh dia mengatakan, Indonesia melalui pemerintah perlu melakukan upaya bersama supaya negara ini bisa membuktikan bahwa perkiraan pengamat dunia tidak benar.

Pasalnya ramalan pengamat tersebut bukan tanpa alasan karena berdasarkan pengalaman melihat kondisi negara lain yang mengalami nasib sama seperti Indonesia

"Jadi kita harus memperbaiki dan melakukan perubahan diri yang sungguh-sungguh, jangan cuma ribut terus. Sebagian besar kita punya pertumbuhan dari kekayaan alam, kalau dikeruk terus ya habis. Sehingga kita perlu mengandalkan sektor manufakturing, pertanian, energi yang bisa menggantikan itu," papar dia.

Sofyan mengimbau, pentingnya mengelola SDM. Dengan pengelolaan yang benar, dia yakin, ekonomi Indonesia mampu tumbuh 8%-10% dan sangat besar menyerap tenaga kerja.

"Masalahnya kita menjalankan demokrasi tanpa suatu kejelasan. Padahal demokrasi kan untuk kepentingan rakyat, bukan cuma asal teriak-teriak dan jangan mencari keuntungan diri sendiri saja," pungkasnya. (Fik/Ahm)



*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Indonesia Bisa Bangkrut dalam 10 Tahun?

Wamenkeu Tepis Indonesia Bangkrut 10 Tahun Lagi

Hal yang Harus RI Lakukan Biar Tak Bangkrut



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini